Pembelajaran Statistik melalui Aplikasi Onenote

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang dinilai dapat memberikan kontribusi positif dalam memacu ilmu pengetahuan (iptek), sehingga sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Matematika merupakan pelajaran yang sarat muatan kognitif dan afektifnya. Pada ranah kognitif, mata pelajaran tersebut bertujuan mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, dan pada ranah afektif mata pelajaran matematika mengembangkan ketelitian dan kesabaran siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka-angka.

Masih tingginya korban pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sejak Desember 2019 hingga saat ini menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar bagi siswa untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Hal itu perlu dilakukan guna meminimalisir kontak fisik secara masal sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Demikian pula halnya di SMK Negeri 1 Semarang, tak luput, melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) agar pembelajaran tetap efektif dan memberikan hasil yang maksimal. Pembelajaran matematika statistik yang diberikan pada siswa kelas XII dengan Kompetensi Dasar (KD) Menganalisis ukuran letak data tunggal dan data kelompok dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran letak data tunggal dan data kelompok, di masa pandemi ini diberikan dengan metode yang menarik yaitu melalui aplikasi OneNote aplikasi milik Microsoft Office.

Baca juga:   Pembelajaran Kelompok Tutor Sebaya pada Gerak Parabola

Tujuan pembelajaran materi ini diharapkan setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat menentukan ukuran letak data kelompok. Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan dengan memberi pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu diperlukan adanya pembelajaran yang efektif. Salah satu cara untuk mencapai pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan teknologi dan media yang tepat dalam proses pembelajaran dalam masa pandemic sekarang ini.

Aplikasi Onenote, grup whatshapp, serta ms teams kelas merupakan perpaduan yang tepat. Komunikasi dengan para siswa digunakan whatshapp grup kelas dan ms teams kelas yang telah dibentuk. Dan melalui OneNote, teknik rekam layar dan bantuan pen tablet, penjelasan materi ukuran letak data kelompok dapat disimpan di drive lalu dikirimkan ke siswa melalui ms teams pada saat pembelajaran berlangsung.

Sehingga PJJ tersebut menjadi layaknya pembelajaran yang riil dilakukan untuk penjelasan materi serta contoh soal yang diberikan mejadi lebih efektif. Minimnya kuota, waktu pembelajaran yang tidak dapat maksimal, kemampuan siswa yang tidak sama serta berbagai kendala lain maka PJJ dengan model seperti ini yaitu memadukan Onenote, teknik rekam layar dan bantuan pen tablet dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersbut.

Baca juga:   Ajak Siswa Sulap Limbah Styrofoam Jadi Keramik Cantero

Ketika pembelajaran berlangsung, siswa dapat menanyakan secara langsung tentang kesulitan-kesulitannya. Misalkan seorang siswa masih belum jelas tentang apa itu desil, persentil, maka guru langsung dapat menjelaskan melalui grup kelas. Latihan soal yang dikirim melalui assignment yang dimiliki ms teams, siswa dan guru saling dapat memantau dan mengoreksi secara langsung. Adapun penugasan mandiri dapat diberi tempo agak longgar dan tidak kaku karena keterbatasan kondisi siswa.

Guru tidak bisa memaksakan bahwa tugas harus selesai saat waktu PJJ berakhir, namun harus dapat saling memahami kondisi riil yang terjadi. Waktu pengerjaan tugas dapat dibuat fleksibel, dapat dilaksanakan setelah PJJ namun tetap harus ada batasan waktu misal 2 sampai 1 minggu berikutnya agar para siswa tetap terkendali dan terkondisi hingga menjadi generasi yang bertanggung jawab. (ips2/lis)

Guru SMK Negeri 1 Semarang

Author

Populer

Lainnya