Penilaian Harian IPS Menyenangkan dengan Microsoft Office 365

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing atau physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalkan persebaran Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merespon dengan kebijakan belajar dari rumah atau istilahnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diperpanjang sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Oleh karena itu, guru mempunyai tanggung jawab memberikan materi dan penugasan kepada siswa walaupun tidak secara langsung. Di SMP Negeri 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan, PJJ menggunakan media HP Android. Guru menggunakan berbagai aplikasi yang sekiranya dianggap paling efektif mudah. Salah satunya penulis menggunakan Microsoft Office 365 dalam pembelajaran maupun penilaian harian.

Untuk mulai menggunakan Microsoft form, pastikan kita telah memiliki akun Microsoft Office 365. Bagi guru IPS yang ingin memiliki akun resmi, MGMP IPS Kabupaten Pekalongan sudah mendaftarkan guru untuk bergabung di Jateng Pintar. Langkah-langkah yang penulis lakukan sebagai berikut: 1).Buka peramban/browser lalu cari office 365 pada mesin telusur. 2).klik menu sign In. 3).ketikan akun kita pada kolom yang tersedia. 4). Ketikan password.5).Agar memudahkan proses masuk office 365 pada lain kesempatan maka centanglah menu Don’t show this again, lalu klik tombol yes. 6).selanjutnya kita akan dibawa kehalaman utama Microsoft Office 365 yang berisi berbagai macam aplikasi perkantoran yang bisa kita manfaatkan. Dan ada aplikasi Office Form. Aplikasi office form inilah yang akan kita manfaatkan untuk pembuatan penilaian berbasis daring.

Baca juga:   Realisasikan Slogan IPS Lewat Power Point

Untuk mulai membuat formulir penilaian maka pada halaman pertama penulis klik office form, kemudian klik tombol New Quiz untuk memulai pembuatan soal baru. Kemudian masukan nama untuk soal dengan cara klik Untitled Quiz, juga dapat memasukan sub judul atau keterangan dari soal. Jika menginginkan bisa dituliskan logo sekolahan. Selanjutnya penulis buat menu isian identitas siswa agar kita bisa tahu siapa yang mengerjakan soal yang kita bagikan nantinya. Identitas tersebut berisi antara lain nama lengkap, kelas, nomor absen. Setelah mengetikkan nama lengkap pada kolom pertanyaan.

Selanjutnya klik tombol Add New lalu klikan tombol choice kemudian ketikan kelas pada kolom pertanyaan dan ketikan klikan kelas pada kolom pertanyaan dan ketikan klikan kelas yang ada pada kolom pilihan jawaban. Selanjutnya klik lagi Add New lalu ketiklah tombol Text kemudian ketikan Nomor absen pada kolom absen pada kolom pertanyaan yang tersedia. Selanjutnya kita membuat halaman baru agar halaman soal tidak jadi satu dengan halaman identitas siswa. Selanjutnya kita masuk pada halaman soal. Pada waktu ini penulis mendapatkan link soal, dimana link soal ini kita share ke siswa. Terakhir siswa klik tulisan kirim dan otomatis Penilaian Harian sudah selesai.

Baca juga:   Pelajaran Kurs Jual dan Kurs Beli di WAG Tetap Asyik

Yang penulis sampaikan di atas hanya alternatif model penilaian harian saat PJJ. Guru dapat menggunakan model lain dengan aplikasi jenis lainnya juga. Satu hal yang harus ingat, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan keharusan dalam pendidikan. Secara tegas hal ini telah disampaikan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 22 tahu 2016. Pada Bab 1 permendikbud itu disebutkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Berdasarkan hal ini penggunaan gadget dalam pembelajaran merupakan alternatif yang patut dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya guru harus berpegang pada konsep pendidikan.

Penilaian harian dengan menggunakan Microsoft Office 365 pada materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya bagi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kajen membuat siswa merasa lebih senang dan nyaman, karena hanya dengan HP Android siswa sudah dapat menyelesaiakan soal tanpa perlu kertas dan bolpoint. Bahkan adakalanya penulis langsung menampilkan hasil nilai siswa sesaat setelah siswa selesai mengerjakan soal. Sehingga meskipun Pembelajaran Jarak Jauh siswa tetap semangat dan senang mengikuti penilaian harian sehingga prestasi belajar tetap meningkat. (dj2/aro)

Guru IPS Terpadu SMP Negeri 3 Kajen, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya