Permudah Belajar Sistem Tata Surya dengan Multimedia

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pengetahuan Alam adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang gejala alam baik yang menyangkut benda hidup maupun benda mati. Secara garis besarnya IPA adalah suatu cabang ilmu sains yang mempelajari sebuah fenomena alam, dengan melalui sebuah observasi dan menganalisis bukti empiris agar mampu dijabarkan, diprediksi, dan memahami fenomena alam itu sendiri. Pembelajaran IPA di SD memberi kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu siswa secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban berdasarkan bukti serta mengembangkan cara berpikir ilmiah.

Menurut Sujana (2013, hlm. 15) IPA atau sains merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai alam semesta beserta isinya, serta peristiwa-peristiwa yang terjadi didalamnya yang dikembangkan oleh para ahli berdasarkan proses ilmiah. Pembelajaran IPA yang dilakukan selama ini hanya berpusat pada guru dan buku paket dengan metode ceramah, membuat siswa menjadi jenuh dan bosan serta kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru selama proses belajar mengajar berlangsung.

Pelajaran IPA kelas 6 KD 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. Pelajaran tentang tata surya adalah pelajaran yang mengajarkan berbagai pengetahuan tentang kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Tata Surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteorid yang mengelilingi matahari. Tata surya terletak dalam salah satu galaksi yang ada di dalam alam semesta ini bernama galaksi bimasakti (Milky Way). Untuk memudahkan siswa memahami materi tentang sistem tata surya, guru menggunakan multimedia sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar selain buku paket.

Baca juga:   Metode Jigsaw Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Menurut Robin dan Linda (2001) Multimedia adalah alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengombinakan teks, grafik, animasi, uadio, dan gambar video. Multimedia bertujuan untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas.

Sebelum pembelajaran dimulai, guru memastikan jaringan internet lancar, dan guru dapat memfokuskan siswa agar perhatian mereka tidak teralihkan dengan memanfaatkan fitur yang ada sehingga pembelajaran dapat menarik dan tidak membosankan. Langkah-langkah pembelajaran yang diambil guru adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan tanya jawab materi sebelumnya. Siswa menjawab pertanyaan bergambar yang diberikan guru tentang planet-planet. Menyampaikan penjelasan tentang sistem tata surya dan menjelaskannya sambil menayangkan audio visual yang sudah disiapkan guru yang diambil dari youtube dan media lainnya. Menggunakan gambar audio visual siswa mendapat penjelasan singkat tentang planet-planet yang beredar mengelilingi matahari, nama-nama planet, dan posisi planet dalam sistem tata surya. Sehingga siswa dapat mengenal, mengetahui, dan membedakan planet yang satu dan yang lain. Sesekali guru melontarkan pertanyaan seputar materi yang di bahas. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya atau berpendapat tentang materi yang belum di mengerti. Guru memberi penguatan dan menyimpulkan tentang materi yang dipelajari. Terakhir siswa diberi evaluasi berupa tes tertulis. Dengan disajikannya materi beserta audio visual yang disajikan dan hampir dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya yang sulit siswa tangkap jika hanya dengan metode kontekstual. Hal ini memberi kemudahan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas dan membuat siswa aktif serta kreatif, dan antusias dalam mengamati dan mempelajari secara langsung materi IPA tentang sistem tata surya.

Baca juga:   Home Visit Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa selama Pandemi

Dengan Multimedia dapat membantu guru dalam menyampaikan materi sistem tata surya sehingga siswa kelas 6 di SDN 01 Galangpengampon menjadi lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, pesan serta informasi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik, dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi ini serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (ips2/zal)

Guru SDN 01 Galangpengampon, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya