Pembelajaran Minuman Segar Buah Kecombrang melalui Youtube

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MEMBUAT bahan menjadi halus dengan alat penyaringan, baik dari saringan kawat atau kain penyaring, supaya diperoleh cairan yang jernih. Semua ini disebut teknik pengolahan pangan lainnya dengan cara penyaringan. Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Buah sepanjang tahun adalah jenis buah yang tersedia sepanjang tahun. Buah ini dihasilkan dari tanaman yang berubah sepanjang tahun, tidak tergantung musim serta dapat kita nikmati kapan saja, yang sepanjang tahun tersedia.

Manfaat buah kecombrang antara lain, batang kecombrang bisa sembuhkan batuk, memperkuat sel-sel tubuh karena kaya antioksidan, bantu membersihkan dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, sebagai penyedap rasa masakan yang alami.

Cara membuat minuman segar buah kecombrang melalui Youtube. Untuk mempermudah siswa belajar cara membuat minuman segar dari buah kecombrang. Cara membuat minuman segar sesuai dengan penulis ajarkan pada salah satu Kompetensi Dasar (KD) kelas 7 mapel prakarya 4.2 “Mempraktekkan Cara Membuat Minuman Segar.”

Manfaat Youtube lebih riil dan langsung aplikatif terhadap berbagai keperluan dan kebutuhan pengguna, memberi layanan gratis, unduh berbagai video berbentuk mengakses dan berbagai informasi. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan pengguna Youtube, mudah dalam pembelajaran bagi siswa. Terutama untuk mempelajari cara membuat minuman segar buah kecombrang.

Baca juga:   Tingkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Model Hands On Activity

Minuman segar berupa jus, es campur, soup buah, dan sirup. Buah kecombrang bisa dibuat sirup, yang diambil buahnya yang sudah matang berwarna merah keunguan. Cara membuat minuman segar dari buah kecombrang antara lain, 1) ambil buah kecombrang yang sudah matang, satu buah bergerombol atau berkelompok menjadi satu buah ambil satu persatu atau dipisahkan dan dicuci lalu tiriskan. 2) Setelah buah kecombrang bersih dan ditaruh pada lumpang ditumbuk sampai hancur. 3) Setelah buah kecombrang hancur dimasukkan ke dalam panci yang sudah berisi air secukupnya. 4) Setelah ditaruh dalam panci lalu direbus sampai mendidih dan airnya berwarna merah keunguan. 5) Setelah matang, lalu disaring ambil airnya yang jernih. 6) Air buah kecombrang yang jernih lalu dikasih gula putih secukupnya dan direbus sampai matang. 7) Setelah matang dan disaring lagi sampai airnya jernih, bisa ditaruh dalam gelas dan dapat diminum.

Teknik seperti di atas disebut teknik pengolahan pangan lainnya dengan cara penyaringan yang diambil air jernih dari pengolahan buah kecombrang. Itulah cara membuat minuman segar dari buah kecombrang atau honje.

Baca juga:   TTS Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Prakarya Siswa

Lebih dari 6000 jenis tumbuhan berbunga, baik yang liar maupun budi daya, dikenali dan dimanfaatkan untuk keperluan bahan makanan, dan obat-obatan. Tanaman kecombrang menjadi salah satu dari keanekaragaman tumbuhan di Indonesia. Tanaman kecombrang merupakan salah satu spesies dari anggota genus etalingera yang banyak ditemukan dan dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis dan subtropics yang penyebarannya terkonsentrasi di Benua Asia. Tanaman kecombrang merupakan tanaman asli Negara Indonesia. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki panggilan yang berbeda untuk tanaman kecombrang. Di Medan dikenal sebagai bunga kencong, orang Sunda dikenal honje, dan Negara Malaysia menyebutnya bunga kantan, sedangkan orang Jawa menyebutnya kecombrang. (bp1/ida)

Guru Prakarya SMPN 3 Blado, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya