Pemanfaatan Microsoft 365 dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN di Indonesia seakan sedang larut dalam duka dengan munculnya bencana yang menimpa. Semua tingkatan pendidikan terdampak wabah Covid 19 tanpa terkecuali, mulai dari pendidikan dasar, menengah bahkan sampai dengan perguruan tinggi. Meskipun tidak menjadi korban penderita, dampak dalam pendidikan terutama pembelajaran menjadi terhenti sesaat sambil berusaha beradaptasi.

Sebenarnya semua permasalahan memiliki dua sisi yang tidak dapat terpisahkan, seperti mata uang. Ketika dinilai dari segi negatif, pembelajaran seperti sekarang ini di musim pandemic sangatlah berat. Guru merasa keberatan karena harus menyiapkan dan mengontrol siswa dari sekolah dengan tempat siswa belajar yang terpisahkan jarak. Begitu pula dengan siswa, akan merasa berat ketika itu dipandang sebagai sebuah permasalahan. Siswa harus menyiapkan segala pendukung dari proses belajarnya seperti handphone (android), pulsa (jaringan internet) sinyal, listrik dan berbagai sarana dan prasarana yang harus dilengkapi dalam pemebalajaran jarak jauh dalam jaringan (daring).

Akan tetapi, masa pandemi dapat menjadi hikmah tersendiri dalam dunia pendidikan di seluruh pelosok negeri, ketika dipandang dari kacamata positif. Berbagai aplikasi disediakan dan dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran sebagai bagian dari peningkatan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan media menjadi kunci proses pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan. Karena berdasarkan penjelasan Oemar Hamalik (1994:12), bahwa pengertian media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Segala aplikasi dan internet adalah bagian dari media yang dapat digunakan semaksimal mungkin untuk manfaat yang seluas-luasnya.

Baca juga:   Menyimpulkan Makna Teks Puisi dengan Game Wheel of Fortune

Microsoft 365 melayani masyarakat dengan hadir ditengah masa pandemi membawa dan memberikan fitur dan fasilitas pembelajaran bagi dunia pendidikan, terutama untuk pembelajaran jarak jauh. Ketika guru ingin menyampaikan pembelajaran secara langsung, dapat memanfaatkan fitur new meeting dengan kapasitas peserta yang memadai. Fitur kelas disediakan didalam Microsoft 365 dalam bentuk TEAMS. Guru dapat mengumpulkan siswa dalam kelas TEAMS. Adanya diskusi dengan siswa di TEAMS mampu membuat kerjasama diruang kelas menjadi lebih efektif. Semua bahan dan materi pembelajaran sudah tersimpan di Aplikasi ini sehingga memudahkan siswa untuk melihatnya kapan saja. Penulis sebagai bagian dari pembelajar, yaitu guru PAI dan BP di SMPN 1 Buaran Kabupaten Pekalongan menggunakannya sebagai media pembelajaran, termasuk untuk materi kelas tujuh tentang perilaku terpuji jujur amanah dan istiqamah.

Antusiasme siswa menggunakan Microsoft 365 cukup tinggi dan meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penulis mengajak semua guru untuk dapat mempelajari dan memanfaatkan Microsoft 365 dalam proses pembelajaran jarak jauh daring di masa pandemi. (bp2/zal)

Baca juga:   Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan melalui Prakarya Berbasis Masalah

Guru SMPN 1 Buaran Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya