Belajar IPA Lebih Menyenangkan dengan G-Form

spot_img

RADARSEMARANG.ID, GURU terbiasa mengajar secara tatap muka secara rutin terjadwal dan sudah memiliki rancangan pembelajaran yang didapat dari tahun-tahun sebelumnya dengan beberapa revisi tentunya. Dengan kondisi saat ini yang sedang masa pandemi Covid-19, guru harus mengubah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang semula full tatap muka diubah dengan sistem online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru harus memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media online. Dalam hal ini, guru dapat menggunakan berbagai media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp, G-Form, Zoom, Google Classroom, Microsoft Office 365, Ruang Guru, Edmodo, ataupun media lainnya.

Untuk pembelajaran IPA materi Sistem Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan kelas IX SMPN 1 Doro Kabupaten Pekalongan semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan Google Form. Form diberi judul sesuai Kompetensi Dasar yang akan diberikan, kemudian diberi deskripsi lengkap untuk panduan siswa mengerjakan. Tidak lupa membuat form untuk mengisi identitas peserta didik antara lain nama dengan pilihan uraian singkat, kelas dengan model hanya memilih sesuai kelas masing-masing, dan nomor absen yang dibuat dalam format drop down. Materi diberikan dalam bentuk soal essay yang dibuat dalam Google Form, menjawab soal bisa melihat buku paket yang pada awal semester sudah dipinjamkan ke siswa atau mencari dari Google. Sebelumnya soal sudah dirancang tentang berapa jumlahnya dan berapa skornya, sehingga ketika anak selesai mengerjakan dan sudah dikoreksi oleh guru, siswa dapat mengetahui berapa nilai yang didapat.

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan SAVI

Jika terlalu panjang dalam menjawab soal, guru dapat membuat soal dalam bentuk pilihan ganda yang sudah di-setting jawaban benar dan skor yang didapat. Soal dalam bentuk essay dan pilihan ganda dengan gambar dan tampilan menarik menjadi pilihan karena bisa menambah motivasi anak. Kemudian jika rancangan sudah selesai untuk memperindah tampilan bisa ditambahkan gambar pada bagian atas form. Tidak lupa pengaturan tentang batasan mengerjakan soal, jawaban betul atau salah untuk soal yang berbentuk pilihan ganda, dan lainnya. Setelah selesai semua menghubungkan form dengan gg.gg atau bitly untuk membuat link. Jika menginginkan hanya satu link untuk semua kelas maka tinggal share saja link tersebut. Jika menginginkan setiap kelas ada satu link tinggal mengopi saja form yang sudah ada kemudian dibuat link untuk tiap-tiap kelas. Setelah selesai, link tinggal di-share ke siswa melelui grup WhatsApp tiap kelas untuk bisa masuk dalam form tersebut sesuai yang dijadwalkan.

Langkah selanjutnya untuk mengerjakan, siswa tinggal meng-klik link yang sudah diberikan oleh guru paga grup whatsapp. Siswa bisa mulai menjawab pertanyaan yang tampil pada komputer/HP. Jika soal dalam bentuk essay siswa harus menunggu guru untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Jika soal dalam bentuk pilihan ganda, siswa bisa langsung mengetahui hasil pekerjaannya. Belajar dengan Google Form akan membantu merangsang minat dan meningkatkan konsentrasi. Siswa menjadi lebih termotivasi dan tertantang karena ada skor yang diperoleh ketika menjawab. Imbasnya, minat dan hasil belajarpun menjadi meningkat. (bp2/ida)

Baca juga:   Belajar Pencernaan Manusia, Baper Yuk!

Guru IPA SMPN 1 Doro, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya