Video Pembelajaaran Tutorial Asyik dengan Microsoft Power Point

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tidak bisa dipungkiri kegiatan belajar mengajar di masa pandemi seperti sekarang ini tentu membuat kita sebagai seorang guru menjadi terbatasi dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Di sisi lain, sebagai peserta didik juga mungkin merasa jenuh dan tidak bersemangat jika materi yang disampaikan hanya berupa teks, ataupun video tutorial yang diambil dari link youtube saja. Meskipun bisa juga penyampaian materi secara langsung oleh guru tetapi jika penyampaian materi secara langsung ini biasanya terdapat kendala seperti sinyal dan kuota sehingga kadang beberapa peserta didik tidak dapat bergabung dalam kegiatan daring (dalam jaringan).

Oleh karena itu sebagai guru kita harus kreatif dalam meramu materi sehingga semua peserta didik bisa menerima materi yang kita sampaikan. Salah satu caranya adalah dengan membuat video pembelajaran yang menarik. Jika materi yang kita buat dalam dalam bentuk video pembelajaran maka materi akan dapat tersampaikan kepada peserta didik setiap saat, tidak hanya pada saat kita meeting atau vicon dengan mereka. Banyak sekali software aplikasi yang kita manfaakan dalam membuat video pembelajaran seperti Filmora, Video maker FX, powtoon, video show, sparkol videoscribe, kinemaster, dan tentunya Microsoft office power point.

Baca juga:   Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Bagi Guru

Di sini kita bisa memanfaatkan Microsoft Office Power Point 2019 di mana dengan versi tersebut sudah dilengkapi fitur rekam layar. Sehingga kita bisa membuat video pembelajaran dengan menambahkan video wajah kita saat menerangkan materi. Dengan begitu meskipun materi yang kita buat dalam video pembelajaran seolah – olah peserta didik dapat berjumpa langsung dengan kita, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu masih ada beberapa fitur baru yang disediakan oleh Microsoft Power Point 2019 diantaranya adalah : (1) Transisi Morf. PowerPoint 2019 disertai dengan transisi Morf, yang dapat membantu membuat animasi halus di slide Anda. (2) Zoom. Ketika membuat Zoom di PowerPoint, Anda dapat beralih antarslide, bagian, dan potongan tertentu pada presentasi dalam urutan yang ditentukan saat menyajikan presentasi, dan perpindahan dari satu slide ke slide lain akan menggunakan efek zoom. (3) Penyorot teks. PowerPoint 2019 kini memiliki Penyorot Teks yang mirip dengan yang ada di Word. Pilih berbagai warna sorotan untuk menekankan bagian teks tertentu dalam presentasi. (4) Grafik vektor untuk efek visual. Anda dapat menyisipkan dan mengedit gambar grafis vektor yang dapat disesuaikan (SVG) dalam presentasi untuk membuat konten yang jelas dengan desain memukau. Gambar SVG dapat diwarnai ulang, dan kualitasnya tidak akan berkurang ketika diperbesar atau diubah ukurannya. Office mendukung file SVG yang difilter. (5) Penggaris untuk menggambar garis lurus. Pada perangkat layar sentuh, Anda dapat menggunakan Penggaris pada tab gambar di pita untuk menggambar garis lurus atau meratakan serangkaian objek.

Baca juga:   Mempelajari Bahasa Pemrograman dengan Konsep Visual Berbasis Blok

Dan masih ada beberapa fitur yang lainnya yang bisa kita eksplorasi lagi untuk berkarya sehingga dapat menghasilkan video sebagai media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan prestasi peserta didik. (on1/ton)

Guru Informatika SMA N 9 Semarang

Author

Populer

Lainnya