Demonstrasi Elastisitas Bahan di Masa Pandemi Meningkatkan Kreativitas Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Saat ini Covid-19 menjadi bahan pembicaraan di mana-mana. Indonesia menerapkan kebijakan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui media online yang menggunakan jaringan internet.

Guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Guru dapat melakukan pembelajaran melalui WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Hal ini juga terjadi di SMA Negeri 2 Kendal. Medianya bermacam-macam ada yang menggunakan WA, Zoom, google meet dan google classroom.

Menghadapi pembelajaran daring tersebut, pembelajaran Fisika sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari, menguraikan dan menganalisa gejala-gejala alam secara ilmiah harus dapat berjalan dengan memanfaatkan alam sekitar tempat tinggal siswa. Salah satu kunci untuk pembelajaran fisika adalah pembelajaran harus melibatkan siswa secara aktif untuk berinteraksi dengan objek konkret (Supriyono, 2003). Pembelajaran fisika secara daring harus menggunakan metode yang menarik dan tidak membosankan siswa sehingga dapat mendorong siswa untuk aktif dan kreatif serta membuat siswa merasa senang dan juga merasa yakin bisa mengerjakan soal sehingga mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Baca juga:   Penerapan Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan metode demonstrasi. Menurut Mulyani Sumantri, dalam Roetiyah (2001 : 82) metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru. Menurut Suaedy (2011) metode demonstrasi adalah suatu cara penyampaian materi dengan memeragakan suatu proses atau kegiatan. Pengertian metode demonstrasi menurut Syah (2000: 208) adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan.

Dalam pembelajaran fisika secara daring di SMAN 2 kendal materi elastisitas bahan menggunakan metode demonstrasi. Di sini yang melakukan demonstrasi bukan guru, tetapi siswa yang harus mendemonstrasikan materi elastisitas bahan dengan menggunakan peralatan yang ada di rumah siswa. Siswa dengan diberikan tugas untuk mendemontrasikan materi elastisitas bahan dengan direkam video. Hasil dari demontrasi siswa dalam satu kelas, peralatan yang digunakan berbeda-beda karena mereka melakukan demonstrasinya di rumah masing-masing. Siswa dapat memperkaya pengalaman, menjadi lebih kreatif dan aktif serta lebih memahami materi elastisitas dan hasil belajar siswa akan bertahan lebih lama dalam ingatan siswa sehingga hasil belajar materi elastisitas meningkat.

Baca juga:   Konflik Kognitif, Model POE dan Excel untuk Teorema Torricelli

Pembelajaran daring ini diharapkan guru sains terutama fisika lebih kreatif dalam mengelola kelas sehingga pembelajaran daring tidak akan membuat siswa merasa bosan dengan metode demonstrasi. Sehingga dapat melibatkan aktivitas siswa, memberikan pengalaman langsung dan tidak membosankan. (on1/ton)

Guru Fisika SMA Negeri 2 Kendal

Author

Populer

Lainnya