Pembelajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Fast and Fun

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kita sekarang hidup di zaman globalisasi yang mana mengusai bahasa Inggris adalah suatu kebutuhan primer. Jika kebutuhan primer tidak dapat dipenuhi, maka kebutuhan yang lainpun tidak bisa dipenuhi.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang dipatenkan menjadi bahasa internasional. Jika kita menguasai bahasa Inggris, maka kita akan dapat berkomunikasi dengan siapa saja.

Untuk mendukung pembelajaran asyik dengan fast and fun, penulis menggunakan salah satu teori yang mudah digunakan oleh pendidik maupun peserta didik. Menurut Paulo Fraire, Joyfull Learning adalah pembelajaran yang di dalamnya tidak ada lagi tekanan, baik tekanan fisik maupun psikologis. Sebab, tekanan apa pun namanya hanya akan mengerdilkan pikiran siswa, sedangkan kebebasan apa pun wujudnya akan dapat mendorong terciptanya iklim pembelajaran (learning climate) yang kondusif.

Tujuan pembelajaran asyik dengan fast and fun yaitu untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga:   Belajar Vocabulary Lebih Menyenangkan melalui Fitur Voice Note WA

Langkah – langkah pembelajaran bahasa inggris asyik dengan fast and fun yang paling tepat yaitu, Pertama melalui games, karena semua orang menyukai games. Maka dari itu games adalah salah satu pembelajaran bahasa inggris asyik dengan fast and fun. Dengan bermain games, seolah-olah apa yang awalnya mengganggu pikiran tiba – tiba menghilang begitu saja. Maka dari itu jika kita mau mahir dalam games, otomatis kita di paksa untuk menguasai bahasa inggris. Perintah – perintah apa yang ada di dalam games, petunjuk – petunjuk dan juga pengaturan dalam games itu menggunakan bahasa Inggris. Jika kita tidak tahu apa maksudnya, kita tidak bisa main games dengan nyaman.

Kedua, melalui lagu, karena lagu-lagu hits kebanyakan sekarang ini adalah lagu – lagu berbahasa Inggris. Maka, hal itulah yang kemudian mendasari mengapa ini bisa menjadi salah satu metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan. Karena, orang-orang yang benar – benar menguasai bahasa Inggrislah yang pasti tau akan arti dan makna dari sebuah lagu tersebut. Untuk orang-orang yang sudah mahir berbahasa Inggris, mereka pasti akan dengan mudah melafalkan lirik – lirik lagu dalam berbahasa Inggris dan dengan begitu mudahnya bisa hafal.

Baca juga:   Asyiknya Belajar IPS dengan Gambar Animasi

Ketiga, melalui belajar bersama teman. Metode belajar bahasa Inggris yang fast and fun selanjutnya adalah mengacu pada keberadaan seorang teman, karena pada dasarnya, elemen terpenting dalam kehidupan kita salah satunya adalah teman. Teman bisa membantu kita dalam mempelajari bahasa Inggris secara efektif dan sistematis tanpa ada tekanan atau apapun itu. Kita bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris itu secara bersama – sama, mulai dari saling menulis atau saling bercakap – cakap dengan menggunakan bahasa Inggris.

Setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tersebuat peserta didik secara perlahan akan menguasai bahasa inggris dengan baik tanpa ada beban sedikitpun. Tehnik pembelajaran bahasa inggris asyik dengan fast and fun ini bermakna dan tepat di terapkan pada kelas VII semester 1 di MTs Assakinah Rejosari Karangawen Demak tahun 2020/2021. (fbs2/ton)

Guru Bahasa inggris MTs Assakinah Rejosari Karangawen Demak.

Author

Populer

Lainnya