Guru Matematika Harus Aktif dan Kreatif di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tak perlu disangsikan serta diragukan lagi bahwa kegiatan belajar matematika di sekolah itu dianggap menyulitkan dan menakutkan bagi siswa. Apalagi selama masa pandem Covid-19 siswa belajar secara daring dari rumah. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dikenal rumit karena sebagian besar menggunakan symbol. Banyak rumus yang perlu dihafal dan diingat. Otomatis pelajaran matematika makin dianggap sulit bagi kebanyakan siswa.

Oleh karena itu, pandemi Covid-19 ini menuntut hampir semua guru di Indonesia mengadakan pembelajaran daring termasuk guru matematika. Namun ada beberapa kendala yang di hadapi dalam proses pembelajaran matematika baik siswa maupun guru.

Bahkan sampai ada yang bilang belajar matematika dijelaskan secara tatap muka saja sulit apalagi secara daring. Adalagi kendala lainnya yang terjadi dalam proses pembelajaran matematika secara daring yaitu ada guru atau siswa yang gagap teknologi (gaptek), sarana dan prasarana kurang mendukung, gangguan sinyal atau keterbatasan akses internet.
Belum lagi biaya untuk membeli pulsa, ilmu yang tidak mumpuni dan berbagai kendala lainnya. Untuk itulah dalam situasi dan kondisi yang tidak biasa, guru matematika dituntut dan diminta merancang pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif agar siswa tidak merasa bosan atau jenuh meski proses pembelajaran secara daring.

Baca juga:   Menumbuhkan Literasi Matematika Peserta Didik melalui Problem Based Learning

Dalam hal ini komunikasi yang dibangun antara guru dan siswa serta peran orang tua harus dilakukan secara intensif dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Baik siswa maupun guru bisa memanfaatkan ponsel, komputer dan laptop sebagai perangkat maupun penghubung pembelajaran matematika secara daring. Kreatifitas dan keterampilan yang dimiliki seorang guru matematika adalah keterampilan seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang baru yaitu karya, ide-ide, cara atau gagasan-gagasan yang berguna untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Kreatifitas guru sebagai acuan yang sangat penting dalam menyukseskan pembelajaran secara daring. Guru matematika yang kreatif juga berperan aktif dalam memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta didik agar siswa merasa aman dan nyaman. Serta mempunyai semangat yang tinggi dapat meningkatkan kemampuannya dalam menghidupkan pembelajaran yang aktif dan inovatif tidak membosankan di masa pandemi dengan sistem daring.

Peran serta siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika juga menjadi faktor yang sangat penting demi kelancaran proses belajar mengajar. Faktor pendukung kreatifitas guru matematika adalah dengan menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran daring. Seperti google classroom, whatsapp, youtube, powerpoint, google form, zoom dll.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Bangun Datar dengan Media Powtoon

Sebagai upaya dalam merealisasikan pembelajaran matematika di SMA Negeri I Cepu menggunakan aplikasi tersebut. Demi meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan yang baik, banyak guru yang mengikuti kegiatan untuk mengembangkan ilmu, kreatifitas dan kualitas diri dengan mengikuti webinar, pelatihan guru secara online, diskusi di forum MGMP lewat zoom serta belajar seputar metode dan media pembelajaran matematika baik secara gratis maupun berbayar.

Seorang guru selalu mencari informasi menelaah masalah, mencari penyelesaiannya. Guru harus mau belajar dengan orang kreatif lainnya serta siap menerima gagasan atau ide baru, berani menciptakan gagasan baru, dan menanggung risiko dari gagasan yang diciptakan demi kemajuan anak didiknya. (fbs2/lis)

Guru SMA Negeri I Cepu

Author

Populer

Lainnya