Menghafal Ciri-Ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, APA yang terlintas dari kata “Menghafal?” tentunya tidak asing lagi. Menghafal merupakan kegiatan mengambil informasi dari luar dengan sengaja untuk memasukannya ke dalam ingatan (memori otak). Pada umumnya menghafal adalah berbasis pada lisan. Menghafal sama saja dengan informasi yang ditandai pada sistem kerja otak kita. Pada anak-anak umumnya mempunyai kemampuan yang sangat cepat untuk menghafal dikarenakan masa itu adalah Golden Age, dimana kecerdasan mengalami perkembangan maksimal sehingga apabila dilakukan secara monoton justru rasa malas dan bosan tidak dapat terhindarkan. Padahal pada usia anak-anak SD menghafal dalam kegiatan belajar mengajar sangat mendominasi, karena akan membuat anak-anak berwawasan luas dan bisa mengerjakan soal pada saat ulangan. Selain itu hafalan pada Kurikulum anak SD khususnya kelas III memang sangat dibutuhkan sehingga harus ada metode yang efektif.

Beryanyi adalah tindakan mengeluarkan suara dari mulut yang menghasilkan sifat musikal dalam hal ini sesuai dengan irama, dinamika dan nada-nada tertentu. Menurut Profesor Graham Welch, Direktur Penelitian Pendidikan, Universitas Surrey, Roehampton, Inggris: “Bernyanyi mampu melepaskan endorfin ke dalam sistem saraf yang membuat perasaan bersemangat dan terangkat. Honig (1998) Anak secara biologis sudah dilengkapi dengan kesenangan untuk merespon suara-suara orang. Anak-anak sangat menggemari kegiatan bernyanyi, apalagi diikuti gerakan-gerakan yang sederhana.

Baca juga:   Mudah Pahami Bacaan Describing Animal dengan Team Quiz

Menghafal Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi akan meningkatkan perkembangan anak secara kognitif. Hal tersebut akan menambah nilai-nilai yang baik sedini mungkin tertanam dan dapat memudahkan anak-anak untuk mengingat. Melalui Menghafal Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi maka sekaligus menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih bermakna dan menyenangkan. Anak-anak menjadi bahagia karena terhibur, rasa sedih menjadi hilang serta akan lebih bersemangat sehingga secara tidak disadari materi pelajaran yang kita berikan akan sangat mudah diterima dan diserap. Dengan demikian Menghafal Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi termasuk cara yang sistematis untuk mencapai tujuan, sehingga target ketuntasan pembelajaran akan tercapai dengan sangat memuaskan.

Langkah awal penulis masuk ke dalam kelas III SD Negeri 3 Weleri, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal lalu menulis notasi lagu yang berjudul Ciri-ciri Makhluk Hidup di papan tulis. Kemudian dengan iringan Gitar penulis memandu anak-anak untuk bernyanyi bersama-sama sesuai notasi yang tertulis pada lagu dan dilakukan secara berulang-ulang disertai gerakan-gerakan sederhana. Sampai pada akhirnya secara tidak sadar dengan sangat cepat anak-anak telah menghafal lagu diatas dan menikmatinya. Dengan hafalnya anak-anak maka materi Ciri-ciri Makhluk Hidup otomatis tuntas seratus persen karena lirik lagu tersebut adalah Ciri-ciri Makhluk Hidup itu sendiri.

Baca juga:   PJJ IPA Menarik dengan Praktik Pembuatan Biopori

Dengan pengalaman diatas penulis telah memberikan isyarat posotif bahwa yang paling pokok anak-anak-anak kelas III SD Negeri 3 Weleri adalah tidak merasa tertekan di dalam menghafal Ciri-ciri Makhluk hidup pada Tema 1, Subtema 1, pembelajaran 2 Kompentensi Dasar 3.4 (Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan). Dengan perasaan senang dan tidak tertekan melalui bernyanyi disertai gerakan tertentu sederhana anak-anak mampu mengekspresikan dan mengapresiasi serta menambah kepercayaan diri pada mereka yang hal tersebut merupakan bagian dari tujuan pendidikan itu sendiri. (pai1/zal)

Guru SDN 3 Weleri, Kabupaten Kendal.

Author

Populer

Lainnya