Belajar Daur Air dengan Metode Examples Non Examples

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menyiapkan diri dalam peranannya di masa akan datang. Pendidikan dilakukan tanpa ada batasan usia, ruang dan waktu yang tidak dimulai atau diakhiri di sekolah. Tetapi diawali dalam keluarga dilanjut dalam lingkungan sekolah dan diperkaya oleh lingkungan masyarakat. Hasilnya digunakan untuk membangun kehidupan pribadi agama, masyarakat, keluarga dan negara.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah pengetahuan yang diperoleh melalui pengumpulan data dengan eksperimen, pengamatan, dan dedukasi untuk menghasilkan suatu penjelasan tentang sebuah gejala yang dapat dipercaya.

Kehidupan manusia tidak lepas dengan air dan udara. Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorang pun dapat bertahan hidup lebih dari 4–5 hari tanpa minum air.

Dalam pembelajaran IPA khususnya materi daur air pada siswa kelas V SDN Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang menunjukkan hasil yang belum memuaskan. Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari materi daur air serta kegiatan pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa.

Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan siswa dalam memahami proses daur air. Berdasarkan masalah tersebut perlu diadakan usaha peningkatan belajar siswa dalam memahami proses daur air, yaitu dengan penerapan metode examples non examples (contoh dan noncontoh). Model pembelajaran examples non examples merupakan model pembelajaran dengan menggunakan gambar, poster, diagram atau tabel sesuai materi ajar dan kompetensi.. Sajian gambar ditempel dengan petunjuk guru, siswa mencermati gambar lalu diskusi kelompok tentang sajian gambar tersebut, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan refleksi (Suyatno, 2009 : 73).

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar IPA dengan Metode Outdoor Study

Penggunaan model examples non examples ini lebih menekankan pada konteks analisis siswa. Menurut Slavin dan Chotimah (2007 : 1) bahwa examples non examples adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan dengan kompetensi dasar.

Example non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari example dan non example dari suatu definisi konsep yang ada. Example memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh materi daur air, sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas. Pembelajaran kooperatif model examples non examples memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap amggota kelompok untuk bertatap muka saling memberikan informasi dan saling membelajarkan. Interaksi tatap muka akan memberikan pengalaman yang berharga kepada setiap anggota kelompok untuk bekerja sama menghargai setiap perbedaan. Memanfaatkan kelebihan masing-masing anggota dan mengisi kekurangan masing-masing.

Baca juga:   Media Benda Konkret Efektif Tingkatkan Hasil Belajar IPA

Langkah-langkah belajar proses daur air dengan metode examples non examples adalah sebagai berikut : pertama, guru mempersiapkan gambar-gambar proses terjadinya daur air. Kedua, guru menempelkan gambar di papan tulis, ketiga, guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisis gambar. Keempat, siswa berdiskusi dengan kelompoknya, dan hasil diskusi serta analisis gambar tersebut dicatat pada kertas. Kelima,tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya, Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap kelompok temannya. Keenam, setelah memahami hasil dari analisis yang dilakukan siswa, maka guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Ketujuh, guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi proses daur air sesuai dengan tujuan pembelajaran. (pai1/lis)

Guru SDN Wonotunggal 04

Author

Populer

Lainnya