Rotasi Bumi dalam Video Pembelajaran Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, INDONESIA saat ini sedang mengalami pandemi covid-19. Seluruh masyarakat dianjurkan untuk kerja di rumah, ibadah di rumah dan belajar di rumah untuk memutus penyebaran virus tersebut. Pembelajaran dari rumah biasa kita sebut dengan “daring”. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan apabila ada peran dari orang tua dan media yang mendukung.

Masa pandemi sudah berjalan beberapa bulan. Masih teringat tanggal 23 Maret 2020 siswa mulai belajar dari rumah. Bagaimana pembelajaran terbaik yang akan saya terapkan ya? Metode apa yang cocok diterapkan untuk siswa kelas VI SD Negeri Larikan Kabupaten Pekalongan? Sempat bingung dan berfikir keras guna mencari solusi. Mulailah dengan browsing di internet dan mencoba membuat konsep pembelajaran yang akan diterapkan.

Pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp (WA) dipilih sebagai jalur pembelajaran yang akan diterapkan. Mengapa menggunakan whatsapp? Karena aplikasi tersebut sudah familiar di masyarakat, khususnya siswa siswi saya serta cocok digunakan untuk pemula. Melalui whatsapp, guru memberikan petunjuk pembelajaran yang akan dilakukan siswa baik itu berupa kegiatan membaca, menulis, praktik melakukan suatu kegiatan, mengamati, dan kegiatan lain.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Model Eksperiential Learning

Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan pada kelas VI SD Negeri Larikan, Kabupaten Pekalongan secara daring ialah tentang pengaruh rotasi bumi, dengan menampilkan video simulasi anak-anak disuruh mengamati kemudian memberi simpulan. Video dapat memfasilitasi siswa untuk mempelajari suatu materi dengan mudah, video juga fleksibel, dapat disaksikan di mana saja dan kapan saja. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa video merupakan media pengajaran yang efektif jika dibandingkan dengan media pengajaran lainnya (Lloyd & Robertson, 2011 ). Pembelajaran tersebut sangat baik diterapkan pada pembelajaran di rumah karena siswa belajar secara kontekstual, mereka mengamati apa yang mereka alami pada setiap harinya yaitu pengaruh rotasi bumi. Selain itu, pembelajaran di rumah ini dapat meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak (siswa).

Pada pembelajaran tersebut siswa melakukan pengamatan dengan bimbingan guru. Untuk penilaian yang dilakukan adalah siswa mengisi lembar kerja siswa dan gambar presentasi gambar siswa yang memuat pengaruh rotasi bumi dalam kehidupan sehari-hari yang dikirim melalui aplikasi whatsapp grup.

Baca juga:   Tingkatkan Aktivitas Belajar IPA dengan SAVI

Orang tua siswa merespon dengan baik pembelajaran tersebut sangat antusias menemani anak-anaknya pada saat mengamati pengaruh rotasi bumi di halaman rumah. Mereka tidak kesulitan untuk mengikuti pembelajaran daring selama belajar di rumah karena media yang digunakan hanyalah whatsapp.

Meskipun demikian, mengingat kondisi sekolah yang berada pada perdesaan, ada beberapa orang tua siswa yang tidak bisa bahkan tidak punya alat komunikasi. Untuk orang tua yang demikian itu disarankan untuk dibantu oleh tetangganya yang berada satu kelas yang sama. Di sini peran guru harus aktif mengingatkan kepada orang tua untuk saling membantu siswa yang lainnya yang tidak punya dan tidak aktif dalam media sosial whatsapp grup untuk memberikan informasi atau mengirim tugas-tugas kepada guru. Dengan demikian pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. (bp1/zal)

Guru SDN Larikan, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya