Peningkatan Pembelajaran PAI dengan SQ3R

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MEMBACA adalah salah satu aktivitas belajar yang menandai dimulainya kegiatan selanjutnya dalam pembelajaran. Peningkatan minat membaca dan menganalisa materi pelajaran menjadi penilaian tersendiri oleh guru pada proses pembelajaran. Jika dalam penilaian ranah kognitif, menganalisa memiliki derajat lebih tinggi dari sekedar memahami. Proses menumbuhkan minat membaca yang seringkali mengalami kendala dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru harus mampu menyediakan proses belajar yang menarik, menggembirakan dan membuat siswa penasaran terhadap materi pembelajaran.

Modernisasi metode dan model pembelajaran diharapkan dapat memanusiakan manusia. Karena siswa adalah bagian manusia yang masih dalam proses berkembang menjadi manusia seutuhnya. Metode ringan dan modern yang dapat dilaksanakan di antaranya adalah SQ3R. Metode ini menurut Direktorat PLP, (2008) adalah singkatan dari Survey (mencermati), yaitu menyelidiki dan mengetahui identitas buku yang akan di pelajari, Question (bertanya), yaitu menanyakan permasalahan yang ditemukan dalam buku tersebut, Read (membaca), membaca buku secara cermat dan teliti, Recite (mengendapkan dan mengingat kembali), yaitu (mengendapkan dalam pikiran materi atau buku yang telah dibacanya), yang terakhir adalah Review (membaca ulang), tahap ini dilakukan dengan membaca ulang keseluruhan isi buku secara sepintas.

Baca juga:   Discovery Learning dengan Media Puzzle Kehidupan 2 Zaman

SMPN 1 Buaran Kabupaten Pekalongan turut menggunakan metode SQ3R ini dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) kelas tujuh semester 1 materi tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW, pada periode Makkah. Penulis yang berposisi sebagai guru PAI dan BP di sekolah tersebut merasa terbantu dengan metode ini. Pelaksanaan SQ3R dimulai dengan langkah pertama, dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membaca bahan ajar secara teliti, seksama, dan cermat dalam materi pelajaran yang terdapat pada buku referensi pelajaran. Langkah pertama ini termasuk syntaknya SQ3R bentuknya survei dengan mencermati teks bacaan, mencatat dan menandai kata kunci. Langkah kedua adalah question yaitu dengan membuat pertanyaan (mengapa, bagaimana, dari mana, kapan) tentang bahan bacaan (tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Makkah).

Pada langkah ketiga, bagian dari SQ3R adalah read, yaitu dengan membaca teks dan mencari jawaban dari pertanyaan dimunculkan pada langkah sebelumnya. Recite menjadi langkah ke empat pada metode ini, yaitu dengan mempertimbangkan jawaban yang diberikan (semua jawaban dicatat, didiskusikan secara bersama). Langkah selanjutnya adalah review, siswa meninjau ulang secara menyeluruh segala aktivitas sebelumnya sekaligus membuat simpulan dari pembelajaran.

Baca juga:   Belajar PAI dengan Pendekatan Karakter Ubah Perilaku Jadi Terpuji

Pelaksanaan pembelajaran ini ternyata dapat meningkatkan pembelajaran di SMPN 1 Buaran mata pelajaran PAI dan BP dengan materi sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Makkah. Dan penulis rekomendasikan kepada guru yang lain untuk dapat memanfaatkan metode SQ3R yang menarik. (bp1/ida)

Guru SMP Negeri 1 Buaran, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya