Penggunaan Microsoft Word untuk Membuat Laporan Uji Energi Angin

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mengoperasikan dekstop maupun laptop merupakan hal biasa bagi siswa SDN Lebo 01 Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Mereka sudah terbiasa membuat animasi, power point, maupun mengetik di Microsoft Word. Kegiatan IHT (In House Training) untuk peningkatan kemampuan IT juga bukan hal asing bagi mereka. Para siswa sudah mahir untuk mengatur kertas halaman pengetikan, mengetik dokumen, memberi format, mengedit dokumen, menyalin,memindah, menyimpan juga menghapus dokumen. Memberi format contohnya mengeblok, mengganti huruf besar, huruf kecil, cetak tebal, cetak miring dan bergaris bawah. Kemampuan meng-insert gambar, foto, chart atau grafik juga sudah mereka kuasai. Bahkan mencetak dokumenpun sudah bisa mereka lakukan.

Di masa pendemi ini, siswa perlu diarahkan agar tidak menghabiskan waktunya dengan sia-sia. Kalau sudah pegang handphone siswa menjadi terlena, tidak mau melakukan hal-hal yang berguna seperti belajar, menyelesaikan tugas dari guru. Dengan terlalu banyaknya tugas dari guru, siswa menjadi bosan dengan rutinitas tugas itu- itu saja yang sangat membosankan. Dengan adanya tugas yang menuntut siswa mempraktikkan membuat laporan berdasar kemampuan dasar yang telah dikuasainya, yaitu menggunakan media Microsoft Word untuk membuat laporan hasil percobaan, siswa jadi bersemangat melakukan hal positif. Dalam menyusun laporan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dengan dukungan orang tua d irumah, siswa dapat menyusun laporan tentang uji energi angin dengan mudah.

Baca juga:   Gallery Walk Tingkatkan Aktivitas Siswa Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan

Dengan kemampuan berkomputer yang suadah bagus, para siswa mampu menyusun laporan tentang uji energi angin di kelas 4. Mereka sangat menikmati saat melakukan praktik membuat kincir angin berbahan sampul mika ukuran kertas HVS yang kemudian dibentuk persegi. Bahagia sekali ketika kincir angin yang mereka buat dapat berputar saat dibawa lari. Kemampuan menyusun laporan hasil praktik membuat kincir angin berbahan plastik mika menunjukkan kemampuan yang sungguh membanggakan.

Pembelajaran menggunakan Microsoft Word untuk membuat laporan dapat mengurangi kejenuhan siswa selama belajar di musim Pendemi Covid -19 ini. Perhatian siswa selama ini banyak tertuju pada handphone dengan alasan mengerjakan tugas dari sekolah.

Dengan adanya tugas membuat laporan menggunakan dekstop atau laptop kini semangat mereka tumbuh lagi. Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word memberikan hasil yang positif bagi siswa. Hal ini telah penulis buktikan di SD Negeri Lebo 01 Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Aktivitas siswa di ruang komputer terlihat lebih semangat. Para siswa serius dan senang mengerjakan tugas berupa pembuatan laporan hasil praktek dari percobaan pembuatan kincir angin berbahan sampul mika. Mereka aktif bertanya kepada siswa lain maupun guru untuk menyelesaikan tugas tersebut. Siswa mengeluarkan pendapat aktif, berkomunikasi untuk hal- hal yang berguna. Hal ini bisa dikatakan bahwa kompetensi sikap dan keterampilan yang diharapkan dalam pembelajaran tercapai dengan baik.

Baca juga:   Jelajah ASEAN dengan STAD

Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik setelah mengikuti pembelajaran dengan pemanfaatan media Microsoft Word. Buktinya ada peningkatan nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Kali ini siswa berpikir dua kali. Pertama menjelaskan laporan hasil percobaan dan yang kedua membuat laporan tersebut dalam bentuk ketikan yang diprint. Bahkan nilai siswa betul-betul mencapai angka peerolehan di atas KKM yang telah ditentukan oleh guru kelas untuk Kompetensi Dasar tersebut. Selain itu, pemanfaatan media Microsoft Word menghadirkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, bermakna dan menyenangkan. Ini salah satu wujud belajar merdeka dan merdeka belajar. Di kesempatan berikutnya penulis akan menggunakan media power point/PPT dalam pembelajaran.hal ini dapat menumbuhkan prestasi siswa, menciptakan siswa berkarakter dan siswa yang hebat. (pai1/aro)

Guru SD Negeri Lebo 01 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya