Pembelajaran Teks Prosedur di Era Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu materi esensial yang diajarkan bagi siswa kelas XI SMAN 1 Wonotunggal adalah menyusun teks prosedur. Prosedur dalam KBBI V (2016) diartikan sebagai tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Sedangkan Ismail Masya mendefinisikan teks prosedur sebagai tulisan yang menjelaskan rangkaian tugas yang saling berhubungan dan diurutkan berdasarkan waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang (1994:74).

Pembelajaran teks prosedur bagi siswa kelas XI memiliki dua tujuan yaitu agar siswa dapat memahami struktur dan isi teks serta dapat menyusun teks prosedur sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Pembelajaran teks prosedur diawali dengan aktivitas siswa untuk membaca contoh teks. Mengingat pembelajaran saat ini masih dilaksanakan secara daring, maka siswa dapat mencari sendiri contoh teks prosedur melalui internet atau guru dapat mengunggah beberapa contoh teks tersebut melalui platform pembelajaran yang digunakan di sekolah. Dalam hal ini SMAN 1 Wonotunggal menggunakan platform Google Classroom. Selanjutnya, siswa diminta mengidentifikasi struktur dan isi dari teks prosedur tersebut. Guru dapat menggunakan Google Form untuk membuat tugas tersebut dan siswa tinggal mengisi pada form yang telah dipersiapkan guru.

Baca juga:   Guru Inovatif Tingkatkan Potensi Olahraga Siswa SD selama PJJ

Tahap berikutnya adalah siswa membuat teks prosedur sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Pada tahap ini, guru dituntut kreatif dan inovatif dalam menyiasati keterbatasan pembelajaran daring. Jika dalam pembelajaran normal, materi ini dapat diberikan dengan bentuk penugasan secara langsung kepada siswa untuk menulis teks di buku tulis mereka masing-masing. Namun pada pembelajaran daring ini, guru dapat memberi tugas kepada siswa untuk membuat teks prosedur dalam bentuk infografis atau video.

Untuk membuat infografis yang berisi teks prosedur, siswa dapat menggunakan berbagai aplikasi sederhana yang tersedia gratis di Google Playstore seperti Canva, Poster Maker, PiktoChart, Visme dan sebagainya. Aplikasi tersebut relatif user-friendly sehingga siswa tidak butuh waktu lama untuk dapat menggunakannya. Dengan membuat infografis, siswa dapat mempelajari dua hal sekaligus yaitu menyusun teks prosedur dan menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi. Selanjutnya, siswa dapat mengirimkan tugas tersebut melalui Google Classroom ataupun pesan Whatsapp kepada guru secara langsung.

Selain dalam bentuk infografis, guru juga dapat memberi alternatif penugasan bagi siswa untuk membuat teks prosedur dalam bentuk video. Dengan gawai (ponsel pintar) yang dimiliki siswa, mereka dapat merekam sendiri aktivitas yang mereka lakukan berdasarkan teks prosedur yang telah mereka susun sebelumnya. Ada banyak pilihan aplikasi video editing simpel yang tersedia di dunia maya seperti KineMaster, InShot, FilmoraGo, atau YouCam Video. Selanjutnya video tersebut dapat diunggah di channel YouTube siswa atau diunggah di akun media sosial yang mereka miliki.

Baca juga:   Metode Card Sort Membantu Siswa Menghafal Huruf Hijaiyah

Agar pembelajaran teks prosedur ini lebih kontekstual dan bermakna bagi kehidupan sehari-hari, guru dapat meminta siswa untuk menyusun teks prosedur tentang pencegahan pandemi Covid-19 seperti cara memakai masker yang benar, langkah-langkah mencuci tangan yang standar, tips membuat masker kain sendiri, atau prosedur menyelenggarakan kegiatan di era adaptasi kebiasaan baru. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata sehingga mereka ikut berpartisipasi dalam pencegahan penularan Covid-19. (pai1/ida)

Guru SMAN 1 Wonotunggal, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya