Pembelajaran Daring Prinsip Ekonomi Islam dengan Microsoft 365

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dampak penyebaran virus korona saat ini kian pesat dengan bertambahnya kasus positif di masyarakat. Hal itu sangat berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia menginstruksikan untuk melakukan kerja dari rumah atau Work from Home (WFH), juga belajar dari rumah yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara remote dari rumah mereka masing-masing dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran virus korona. Akhirnya, berbagai alternatif metode pembelajaran daring atau online learning pun diterapkan,seperti melalui media WhatsApp ,Zoom Cloud Meeting, Microsoft Teams 365, Google Classroom, sampai PJJ melalui radio. Semuanya itu bertujuan supaya materi dapat tersampaikan ke peserta didik meskipun dengan cara tidak tatap muka.

Pada mata pelajaran PAI. KD.1.9 .Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan syariat Islam, menurut penulis bab ini merupakan ketegori materi esensial karena mencakup materi Muamalah. Tetapi pada materi ini mempunyai cakupan materi yang sangat luas. Selain membutuhkan jam tatap muka lebih lama, juga karena setiap bab ada subbab yang memuat materi sendiri yang harus disampaikan. Sementara saat PJJ, materi ini disampaikan lebih cepat dari jam tatap muka sebelumnya. Menurut penulis, perlu media yang pas untuk menyampaikan materi tersebut supaya cepat, mudah, menarik, simple dan yang terpenting peserta didik dapat memahami inti materi yang disampaikan meskipun dengan cara daring.

Baca juga:   Perspektif Corona dari Sisi Agama Islam

Dari permasalahan di atas, maka media Microsoft office 365 penulis anggap paling tepat karena dapat membantu dalam menyampaikan pesan secara kongkrit kepada peserta didik SMA Negeri 4 Kota Semarang. Peserta didik juga sangat mudah memahami konsep materi prinsip ekonomi islam dengan menyenangkan,pada Microsoft office 365, guru dapat menayangkan video pembelajaran dari file Word, Excel, Powerpoint maupun media presentasi lain dengan mudah ditayangkan melalui share screen saat kegiatan rapat atau zoom. Guru juga dapat menggunakan panggilan suara dan video yang semua fungsi tersebut diintegrasikan ke Microsoft office 365. Sehingga pesan informasi secara visual mudah dipahami dan mampu merangsang peserta didik untuk mengetahui lebih jauh tentang materi yang dipelajari.

Pada saat pemberian tugas peserta didik dapat mengerjakan dengan aplikasi One Note, saat pelaksanaan tes akhir peserta didik dapat mengakses melalui link yang dibagi guru maupun melalui kode QR, begitu mudah dan menariknya dengan Microsoft 365. Meskipun awalnya agak asing bagi mereka, tapi peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajaran daring,kedepannya dengan metode dan media yang selalu up to date diharapkan pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta prestasi belajar mereka terutama di mata pelajaran PAI.

Baca juga:   Media Wayang Dongeng Permudah Siswa Menceritakan Kembali Isi Cerita Legenda

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan saat pembelajaran daring perlu media yang tepat supaya peserta didik tetap mendapatkan materi. Metode yang penulis anggap tepat untuk menyampaikan materi prinsip ekonomi Islam adalah dengan menggunakan Microsoft Teams 365. Karena kunci dari daya tarik Office 365 adalah terintegrasinya dengan alat produktivitas Microsoft, seperti Word, Excel dan PowerPoint juga dapat berbagi dan berkolaborasi pada dokumen office secara real time. Selain itu, guru dapat melakukan obrolan melalui panggilan video, meskipun banyak kelebihan tetap masih ada sisi kelemahannya. Karena kelengkapan fiturnya dan selalu up to date ada biaya untuk berlangganan dan satu kelemahan yang lain berkaitan dengan daring, maka harus terhubung melalui jaringan internet . Jaringan internet kadang tidak stabil yang sering terjadi saat kegiatan PJJ . (pai1/aro)

Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 4 Kota Semarang

Author

Populer

Lainnya