Belajar Dari Rumah Asyik dengan Quizizz

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kebijakan BDR atau Belajar Dari Rumah diambil selama pandemi Covid1-9 terjadi kurang lebih 6 bulan yang lalu. BDR menjadi tantangan tersendiri bagi setiap guru untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Seiring berkembangnya era teknologi yang maju, maka guru atau orang tua juga harus mengikuti era kemajuan zaman. Demikian halnya dalam bidang dunia pendidikan, sehingga dengan adanya teknologi akan mempermudah guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya di dalam maupun di luar kelas. Maka dalam BDR ini, guru memilih salah satu bentuk penilaian asyik dengan Quizizz.

Quizizz merupakan sebuah aplikasi kuis berbasis web tool dengan menggunakan browser, kegunaan aplikasi ini untuk membuat permainan kuis edukasi interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan evaluasi, baik di dalam maupun di luar kelas, sehingga guru dapat memberikan evaluasi soal. Misalnya saja untuk penilaian formatif atau bahkan dapat digunakan oleh orang tua ketika anak sedang belajar di rumah.

Langkah pembuatannya yaitu 1) Kunjungi http://www.quizizz.com. 2) Login with Google account, sehingga tidak perlu membuat user baru. Jadi, setelah klik login, pilih login with Google, kemudian diminta login dengan user/akun gmail Anda. 3) Berada di dashboard quizizz.com, di sebelah kiri adalah menu utama. 4) Membuat quiz, klik Create new a quiz. 5) Beri nama quiz. Pilih bahasa, dan akhiri dengan Save. 6) Masuk di dashboard quiz. Di sini kita bisa membuat soal dan mengedit soal. 7) Untuk membuat soal, klik Create New Question. 8) Ketikan soal pada bagian write your question here. Kalau ada gambar klik image. 9) Kemudian mengisi jawaban pada bagian: answer option 1 untuk jawaban A. Default disediakan 4 jawaban (ABCD). 10) Setelah semua jawaban diisikan, pastikan pilih kunci jawaban yang benar, dengan cara klik gambar centang di depan jawaban yang benar, sehingga menjadi hijau. Di pojok kiri bawah ada pilihan waktu, defaultnya 30 detik. Kemudian klik Save untuk menyimpan. 11) Jika ingin edit, klik menu edit.

Baca juga:   Word Wall Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Belajar dari Rumah

12) Soal berikutnya, klik tanda + atau klik Create new question. Kemudian ulangi langkah 8-10 untuk soal yang lain. Demikian seterusnya hingga seluruh soal untuk quiz sudah selesai. 13) Apabila soal berupa rumus/grafik, maka rumus dibuat di MS Word, kemudian di-capture menjadi gambar lalu di-insert di soal. 14) Akhiri dengan klik Finish Quiz jika semua soal selesai. Kemudian pilih grade (jenjang kelas untuk quiz tersebut), mulai kelas 1 – 12 dan university. Kemudian pilih mata pelajaran yang sesuai, pilih yang mendekati saja. Setelah itu Save Details. 15) Dengan demikian quiz kita sudah siap dimainkan, ada tombol Play Live & Homework. 16) Play Live artinya jika ingin dimainkan di kelas, nanti siswa akan mengerjakan dalam waktu bersamaan, dan berakhir ketika seluruh siswa mengerjakan atau batas akhir waktu soal tersebut. 17) Homework jika ingin dijadikan PR, nantinya kita diminta menentukan waktu, sampai kapan quiz tersebut dapat dikerjakan sebagai PR.

Di sini siswa dapat mengerjakan sendiri dalam waktu yang berbeda. 18) Setelah diklik salah satu tombol Play Live/homework, maka quizizz akan menampilkan setting quiz kita. Silakan diatur, tinggal klik tombol hijau di setiap pengaturan. Setelah itu klik Proceed. 19) Untuk mengakses bagi siswa yaitu https://join.quizizz.com serta kode game berupa angka 6 digit. serta tombol start. Nanti siswa yang bermain akan tampil di bawah tombol start. Jika sudah siap semua, maka klik tombol start untuk memulai. 20) Siswa yang akan mengikuti quiz, cukup mengakses join.quizizz.com, bisa lewat komputer/HP lalu masukan kode game dan nama. Setelah guru menekan tombol start, maka siswa bisa memulai menjawab pertanyaan yang tampil di komputer/HP siswa. BDR asyik dengan quizizz dinilai sangat efektif dalam pemberian tugas di era pandemi, seperti yang sudah dilaksanakan di kelas V SD Negeri Karangrejo 4. (pai1/aro)

Baca juga:   Ciptakan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Tema dengan Model CTL

Guru SD Negeri Karangrejo 4, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan

Author

Populer

Lainnya