Permudah Soal Cerita Matematika dengan CPS Berbantuan Vidio

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan sebagai dasar dan ilmu pengetahuan yang digunakan secara luas dalam berbagai bidang kehidupan. Susanto (2013) dalam bukunya Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. menyatakan matematika adalah salah satu bidang study yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hitung menghitung atau dengan urusan angka-angka yang memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan memecahkannya. Sehingga, siswa sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan yang harus selalu dilatih dan dibiasakan berpikir mandiri untuk menyelesaikan masalah salah satunya adalah dalam hal soal cerita matematika.
Menurut (Ashlock, 2003 : 240) soal cerita merupakan soal yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan sedangkan menurut Raharjo dan Astuti (2011:8). Soal cerita yang terdapat dalam matematika merupakan persoalan-persoalan yang terkait dengan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dicari penyelesaiannya dengan menggunakan kalimat matematika yang memuat operasi hitung bilangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalrejo Ngadirejo, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa relative masih rendah, hal ini disebabkan karena siswa masih lemah dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesainnya. Disamping itu dalam proses pembelajaran guru tidak membiasakan siswa untuk berpikir dengan lebih kreatif. Rostika dan Junita (2017) dalam bukunya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika menyatakan guru biasannya memberikan rumus cepat agar siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang bersifat konsep, bukan yang bersifat pemecahan masalah, siswa cenderung memilih rumus atau cara cepat yang sudah biasa digunakan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan solusi yang tepat agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Salah satu langkah yang diambil adalah menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan vidio pembelajaran yang diberikan kepada siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung dengan tujuan agar siswa memiliki pengetahuan awal melalui vidio tersebut. Sedangkan arti dari CPS menurut Pepkin dalam Muslich (2008:224) Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan.

Baca juga:   Bermain Kartu Angka Bergambar Dapat Mengenal Lambang Bilangan

Model pembelajaran CPS yang dikombinasikan dengan vidio pembelajaran sangat mungkin untuk dapat diterapkan, hal ini diperkuat oleh Saminanto (2011) dalam penelitiannya diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan model CPS dengan media vidio dapat meningkatkan pemahaman konsep, keaktifan , dan hasil belajar siswa. Sedangkan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal cerita model CPS berbantuan video adalah sebelum proses pembelajaran siswa menyaksikan vidio yang memuat tentang materi matematika, dengan tujuan agar siswa memiliki pengetahuan awal melalui video tersebut. Menurut Polya dalam Suherman (2003:99). langkah-langkah CPS adalah memahami masalah, merencanakan pemecahannya, Contoh penyelesaian masalah berupa soal cerita sederhana untuk memberikan gambaran awal tentang kemungkinan strategi yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah dan memeriksa hasil yang diperoleh.

Setelah dilakukan verifikasi diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran CPS berbantuan video dapat membuat siswa menjadi lebih semangat dan antosias dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa lebih mudah memahami materi dan memecahkan masalah karena memiliki pengetahuan awal, mampu memaksimalkan kreatifitas berfikirnya melalui diskusi, dan lebih mandiri dalam belajar.

Baca juga:   Belajar PKN Asyiik dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Maka pembelajaran dengan CPS berbantuan vidio pembelajaran lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan CPS berbantuan vidio berkontribusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi soal cerita, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa, serta mampu memecahkan masalah soal cerita matematika sehingga nilai belajar matematika siswa meningkat. (fbs1/zal)

Guru SDN 2 Tegalrejo Ngadirejo Temanggung

Author

Populer

Lainnya