Belajar Intepretasi Citra Penginderaan Jauh dengan Aplikasi SASPlanet.exe

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Media pembelajaran adalah sarana atau alat bantu pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pengajaran Hujair AH Sanaky (2013:4) Media pembelajaran saat ini yang berkembang adalah media pembelajaran melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti: dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training. Mata pelajaran Geografi yang menggambarkan tentang fenomena di bumi akan lebih menarik dan lebih mudah di pahami melalui gambar peta. Oleh karena itu, media pembelajaran melalui aplikasi SASPlanet.exe, khususnya geografi sangat tepat untuk proses pembelajaran.

SAS Planet.exe adalah sebuah software open source untuk menampilkan dan men-download citra satelit resolusi tinggi dari peta yang dikirimkan oleh layanan pemetaan seperti Google Maps, Bing Maps, dan Yandex.

Menurut Anonim (2015), SASPlanet exe adalah program untuk menampilkan dan sekaligus dapat dimanfaatkan untuk melakukan download image resolusi tinggi dari Google Maps, Here dari Nokia, Kosmosnimki, Yandex.Maps, Yahoo! Maps, Bing Maps, Gurtam, OpenStreetMap, eAtlas, Genshtab maps, iPhone maps, Navitel maps, dan lain sebagainya.

Dengan SASPlanet, dapat juga melakukan overlay antara dua service pemetaan yang berbeda dalam satu tampilan. Misalnya, jika ingin melakukan perbandingan layer jalan, ketika mencoba proses download menggunakan lima program SASPlanet dari service Google Maps, hasilnya cukup bagus, karena pengguna dapat memilih kualitas image yang dihasilkan dengan memilih tingkat zoomyang diinginkan dan disarankan untuk memilih zoom z19 atau z20.

Baca juga:   Microsoft Teams Dukung PJJ Smart Libels Materi Kaidah Pencacahan

Model pembelajaran dengan menggunakan aplikasi SASPlanet.exe ini penulis lakukan di kelas XII IPS MA Salafiyah Syafiiyah Proto Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan dengan mengambil KD Menganalisis Citra Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kajian Tata Guna Lahan dan Transportasi serta 1 Menginterpretasi Citra Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Tata Guna Lahan dan Transportasi.

Ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan anderoid sebagai media pembelajaran. Penggunaan media ini disusun dan dirancang agar anak dapat menerima informasi dari foto udara dan menginerpretasikan bentuk-bentuk muka bumi dan menulisnya pada Lembar Kerja Siswa sesuai unsur- unsur interpretasi yang telah disediakan. Aplikasi ini bisa diunduh di google. Tahapan men-download citra melalui Sofsre SASPlanet.exe
Pertama, buka Global Mapper. Ubah format file shp area pemalang (pastikan proyeksinya geographic/ disesuaikan) menjadi format KML/KMZ melalui Globbal Mapper. Pilih File > export vector data . export KML/KMZ…, beri nama PEKALONGAN.SAS

Kedua, drag file PEMALANG.SAS yang telah di-export menjadi KML/KMZ ke software SAS.Planet atau dengan cara klik operations > open > pilih file PEMALANG.SAS . pada kotak dialog Import Parameters, pilik OK atau dapat disesuaikan line dan fill color, serta opacity dari polygon yang akan muncul nantinya. Klik Start.

Baca juga:   Analisis Dinamika Kependudukan Meningkat dengan PBL

Ketiga, untuk membatasi wilayah yang akan di-download citranya, pilih icon selection manager (pilih polygonal selection untuk menyesuaikan dengan bentukan area) batasi wilayah diluar frame area yang akan di-download, setelah itu pilih tanda centang hijau.

Keempat, akan muncul kotak dialog selection manager, sesuaikan seperti gambar di bawah, kemudian klik start. Proses download dimulai, silakan menunggu. Kelima, setelah keseluruhan wilayah proyek telah di-download, add file citra satelit wilayah Pemulang pada Arcgis. Open Arc Catalog, klik kanan pada folder tempat penyimpanan data Pekalongan, pilih new shapefile, beri nama sungai_line_pem, sesuaikan proyeksi (WGS 84, 49S). Drag shp tersebut ke list layer, mulai digitasi dengan memilih start editing pada editor dan layer sungai.

Dengan menerapkan metode pembelajaran aplikasi SASPlanet.exe ini diharapkan siswa dapat secara aktif termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat melatih siswa untuk lebih giat belajar secara mandiri dan menguji kesiapan siswa dalam pembelajaran geografi dengan pemanfaatan android. (on2/aro)

Guru Geografi MA Salafiyah Syafiiyah Proto, Kedungwuni, Kab.Pekalongan

Author

Populer

Lainnya