Belajar Seni Budaya Asyik Dengan Google Classroom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada awal tahun 2020 pandemi Covid 19 mewabah di banyak negara termasuk di Indonesia. Adanya pandemi Covid 19 ini sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan manusia tidak hanya pada aspek kesehatan saja namun pada sektor ekonomi, politik, sosial budaya dan pendidikan.

Pada bidang khususnya pembelajaran, di masa pandemi Covid 19 ini mengalami perubahan drastis. Pembelajaran dari guru kepada siswa/peserta didik dilakukan secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh itu bisa daring melalui google form, google classroom, wa grup dan lain-lain.

Google classroom merupakan produk google yang terhubung dengan gmail, drive, hangout, youtube. Banyak fasilitas yang disediakan google classroom untuk memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud bukan hanya di kelas saja, melainkan dapat dilaksanakan di luar kelas atau dimana saja dan kapan saja dengan mengakses google classroom secara online.

Google classroom menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian berbeda dengan media pembelajaran yang lain. Keunggulan media google classroom adalah masalah efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Untuk memulai menggunakan google classroom terlebih dahulu masuk dalam akun google dan kemudian mencari produk google tersebut. Setelah masu akun google classroom ada tiga menu utama yaitu stream/aliran, classwork/ aktifitas siswa dan people. Strem adalah fasilitas google class yang dapat digunakan untuk membuat pengumuman, mendiskusikan gagasan atau melihat tugas, materi, kuis dari topik-topik yang diajarkan oleh guru.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Menulis melalui Bola Berputar

Classwork dapat digunakan guru untuk membuat soal tes, pretest, kuis, mengunggah materi dan mengadakan refleksi. Pada menu people guru dapat mengundang peserta didik dengan menggunakan kode akses yang telah tersedia pada bilah people. Materi yang diunggah pada bilah classwork dapat berupa file word, excel, power point, PDF maupun video.

Pada pembelajaran Seni Budaya kepada peserta didik menggunakan daring dengan bentuk google classroom. Materi pembelajaran pada kelas 7 mengenai “Menggambar Flora,Fauna dan Alam Benda” dipilih dengan tujuan peserta didik dapat mengidentifikasi kekayaan alam flora fauna yang ada di Indonesia. Karena alam merupakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis untuk digali. Dari bentuk flora sendiri banyak sekali jenis dan macamnya. Untuk prinsip-prinsip menggambar dari perspektif, komposisi, proporsi dan gelap terang juga harus diperhatikan agar hasil gambar lebih bagus. Peserta didik juga diharapkan dapat mengekspresikan dengan bentuk gambar detailnya flora, fauna maupun alam benda. Hasil menggambar peserta didik yang kemudian difoto dan dikirim ke ruang belajar seni budaya dengan google clasroom.

Baca juga:   Pembelajaran Peta Berbasis Pengalaman Traveling dan Mapping

Menggunakan google classroom tujuannya yaitu untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bemakna dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi dan membina komunikasi. Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semua di satu tempat. Penerapan komunikasi daring dapat bermanfaat untuk memotivasi peserta didik dan pengajar bertukar informasi yang terkait dengan pembelajaran seni budaya. Serta dapat mengekspresikan diri pada media sosial yang banyak orang mementingkan emosionalnya untuk diketahui khalayak umum berupa kesenangan. Dan peserta didik pun sangat menikmati dengan adanya pembelajaran daring google classroom pada masa pandemi ini. (ips2/ton)

Guru Seni Budaya, SMPN 9 Batang

Author

Populer

Lainnya