Penggunaan Quizizz untuk Penilaian Online Materi Dimensi Tiga

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BANYAK sekali sistem atau teknik penilaian online yang dapat digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian dari pembelajaran online. Guru bisa menggunakan google form, quiz creator, kahoot, quizizz dan lainnya. Dalam hal ini penulis menggunakan quizizz untuk penilaian online. Penulis menggunakan quizizz untuk penilaian quis pada materi Dimensi Tiga Siswa SMA Negeri 15 Semarang Kelas XII MIPA 2.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Misalnya untuk kuis atau penilaian harian. Quizizz sekarang bisa diakses di Playstore bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly.

Quizizz hampir sama dengan Quipper dan Kahoot. Merupakan media pendidikan yang berbasis e-learning semacam kelas online. Namun ketiganya memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan quizizz sangatlah mudah, dibagi ke dalam 2 bagian yaitu yang pertama, adalah host (pembuat soal), pembuat soal biasanya adalah seorang guru/pengajar. Kedua, ada user (siswa) yang bergabung (join) untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh guru. Akses yang diberikan kepada user/siswa yan melakukan join hanya berupa pengerjaan soal dan pilihan jawaban yang harus dijawab. Selama menjawab user/siswa bisa melihat skor/nilai dalam bentuk prosentase.

Baca juga:   Deotif Mudahkan Siswa Nembang Macapat

Langkah pertama untuk membuat quizizz adalah masuk ke www.quizizz.com lalu sign up. Untuk mempermudah, bisa pakai akun google. Langkah berikutnya, tentukan peran, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya. Selanjutnya lengkapi data. Isikan info kuis. Kemudian lengkapi modul-modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban dan jawaban yang benar. Untuk membuat quis klik create new quiz, kemudian beri nama quiz (sesuai keinginan guru) dan pilih tipe soal. Apabila kuis yang dibuat sudah jadi, bisa membagikan kepada siswa dengan memberikan kode yang terdiri atas lima digit kode akses game yang sudah dibuat kepada siswa.

Setelah quiz selesai dibuat, guru perlu melakukan pendistribusian soal kepada siswa. Ada tiga tampilan dasbord guru pada menu my quizes, yaitu live game adalah pengerjaan soal secara langsung/real time pada saat itu juga, home work untuk soal yang dikerjakan di rumah, dan practice untuk keperluan test quiz sebelum ditayangkan ke siswa. Ketika mengklik live game, pilih classic, kemudian pilih kelas di nomor dua (kalau misal belum punya kelas dan siswa akan dijelaskan caranya membuat kelas dan mengundang siswa). Nomor tiga adalah settingan lanjut. Untuk akses homerwork/PR akan muncul kotak merah pertama berisi limit waktu/batas waktu pengerjaan dan pengumpulan tugas, serta kotak merah yang kedua berisi kelas yang akan diberi tugas.

Baca juga:   Pendidikan Karakter Modal Dasar Pendidikan di Indonesia

Melalui quizizz akan memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa. Guru dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang dibuat, pertanyaan yang harus dijawab, dan masih banyak lagi yang bisa dilacak dari quizizz. Guru dapat men-download statistik tersebut dalam spreedsheet exel.

Materi Dimensi Tiga merupakan materi yang sulit bagi siswa, sehingga memerlukan banyak latihan untuk bisa mengerjakan soal dengan benar. Materi ini membutuhkan kemampuan dalam membayangkan bangun ruang. Dengan quizizz sebagai kuis interaktif pada setiap pertemuan, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal Dimensi Tiga. (gml/ida)

Guru Matematika SMAN 15 Semarang

Author

Populer

Lainnya