Pembelajaran Matematika dengan FCC di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sudah sekitar enam bulan atau tepatnya di masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan dengan daring atau pembelajaran jarak jauh atau tidak dengan tatap muka. Karena kita harus menghindari kerumunan orang. Selama itu kita harus melaksanakan kegiatan apapun kalau bisa dilakukan di rumah. Bekerja di rumah, belanja di rumah, bermain di rumah dan belajar juga di rumah, selama pandemi kita di rumah saja. Kita menghindari pertemuan dengan banyak orang atau dengan orang lain apalagi orang yang habis bepergian dari daerah lain atau luar daerah untuk menghindari tertular Covid-19 dan kita semua harus menaatinya.

Untuk pembelajaran di semua jenjang pendidikan dan semua mata pelajaran dilaksanakan secara jarak jauh tidak terkecuali matematika. Di SMP Negeri 7 Salatiga pada awalnya guru dan siswa sepertinya agak terputus komunikasi karena di tahun pelajaran baru anak-anak mendapatkan kelas yang baru dan materi yang baru pula. Mereka hanya bisa dihubungi lewat nomor handphone yang mereka tulis pada data siswa, kemudian siswa dalam satu kelas dibuat grup oleh wali kelas sehingga bisa untuk menyampaikan pengumuman-pengumuman untuk pembelajaran yang akan diselenggarakan dengan free conference call (fcc), termasuk pembelajaran matematika.

Pada awalnya memang agak susah untuk melakukan pembelajaran lewat free conference call (fcc) karena anak tidak ada materi sama sekali, tetapi setelah dari perpustakaan diberi jadwal peminjaman buku maka anak-anak bisa mempunyai materi pembelajaran. Tentunya dalam proses peminjaman buku tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peminjam, harus cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitiser, dan memakai masker, selanjutnya kalau sudah selesai harus segera pulang. Lewat grup WA anak-anak diberitahu cara mengikuti pembelajaran fcc yang digunakan sekolah, memberi jadwal pelajaran dan memberi meeting ID masing-masing guru bidang studi. Anak nanti tinggal membuka free conference call kemudian menggunakan meeting ID guru mata pelajaran sesuai jadwal masing-masing, guru sudah siap lebih dulu dengan free conference call (fcc) sebagai host.

Baca juga:   Meningkatkan Imtak Melalui Matematika

Dengan free conference call (fcc) guru dan siswa bisa berkomunikasi, dan bertatap muka langsung. Siswa bisa membuka materi pembelajaran di buku yang sudah dipinjam, guru bisa menerangkan langsung atau diputarkan video pembelajaran dari KD yang sedang dipelajari. Siswa bisa langsung bertanya kepada guru kalau ada hal-hal yang belum jelas.

Guru juga bisa langsung memberi soal yang diinginkan lewat video. Guru juga bisa langsung menunjuk siswa yang diinginkan untuk menjawab soal atau sebaliknya siswa bisa langsung mengemukaan pendapat atau menjawab soal bila sudah lebih dulu selesai. Guru atau host juga bisa mengatur atau menghentikan keramaian siswa kalau memang gaduh, dan komunikasi juga bisa dilakukan lewat chat, misalnya jawaban dari banyak soal.

Memang ada beberapa anak yang terpaksa kadang tidak bisa mengikuti free conference call dikarenakan beberapa sebab misalnya keterbatasan kepemilikan handphone, satu handphone digunakan untuk anak dan orang tuanya, sinyal jaringan, ataupun sebab kehabisan kuota. Meskipun dari sekolah sudah dibagikan kuota gratis untuk anak-anak tertentu. Untuk mengatasi masalah tersebut guru bisa menghubungi wali kelas lewat grup kelasnya untuk memberikan materi atau memberi tugas lewat group WA kelas, yang bisa dibuka kapan saja.

Baca juga:   Metode Teka-Teki Silang Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS

Tugas bisa dikerjakan sesuai keinginan dan kalau belum jelas bisa minta bantuan orang lain, tidak usah menunggu sesuai jadwal dari sekolah. Dan tugasnya bisa dikirim lewat email guru mata pelajaran atau lewat WA guru mata pelajaran . Sehingga anak yang ada kendala mengikuti free conference call (fcc) tetap masih bisa menerima pelajaran dan tugas yang diberikan guru.
Banyak kelebihan pembelajaran dengan menggunakan free conference call (fcc) diantaranya guru bisa mengetahui berapa banyak siswa yang mengikuti, siapa saja yang suka join terus left terus join lagi yang bisa dilihat dari daftar hadir yang masuk email, siapa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran, siapa yang mengejakannya cepat dan berani mengemukakan pendapat, siapa yang suka iseng dengan temannya dengan chat, kepala sekolah juga dengan mudah memantau guru yang mengajar sesuai jadwal menjadi peserta dengan membuka meeting ID guru yang bersangkutan.

Dengan demikian kepala sekolah bisa tahu guru yang mengajar sesuai jadwal ataupun guru yang tidak mengajar melalui free conference call. Dan masih banyak kelebihan-kelebihan yang didapat dari pembelajaran dengan free conference call. (pai1/lis)

Guru Matematika SMP Negeri 7 Salatiga

Author

Populer

Lainnya