Pembelajaran Daring Fisika dengan Microsoft Teams

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SISTEM pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan sebagainya. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Agar proses kegiatan belajar dan mengajar tercapai diperlukan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 seperti ini. Pembelajaran daring menawarkan berbagai keuntungan seperti kesempatan belajar yag lebih fleksibel tanpa terikat ruang dan waktu.

Peserta didik dalam pembelajaran daring harus bisa menerapkan, menilai, menganalisis, mengevaluasi, dan merefleksi dari apa yang mereka pelajari. Sekolah-sekolah di Indonesia semakin banyak yang memanfaatkan pembelajaran daring melalui Microsoft Teams. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19, pemerintah mewajibkan belajar di rumah saja. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kurikulum darurat bagi guru, murid, dan orang tua saat menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Baca juga:   Tutor Sebaya Mudahkan Siswa Praktik di Bengkel Pemesinan

Hadirnya teknologi membawa segala urusan kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Adanya teknologi ini, telah membuka jalan bagi para pendidik dan teknolog pendidikan untuk mengkaji ulang masalah-masalah yang timbul dalam bidang pendidikan saat ini. Bila masa lalu banyak masalah pendidikan yang belum terselesaikan, maka masa sekarang menjadi semakin kompleks. Kendati begitu, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan. Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang digunakan dalam pembelajaran fisika adalah dengan Microsoft Teams.

Microsoft Teams adalah sebuah hubungan digital yang menyatukan percakapan, konten, dan aplikasi di satu tempat, memungkinkan pengajar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang penuh semangat. Pembelajaran daring dapat bersifat pribadi, menarik, dan terhubung secara sosial sebagai pembelajaran dalam ruang kelas. Pengajar dapat tetap terhubung dan saling membantu menggunakan obrolan tim dan dapat merasa seolah-olah mereka bertemu secata langsung menggunakan rapat langsung.
Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesai media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Baca juga:   Metode BKK Atasi Masalah Mapel Produktif

Di dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika menggunakan Microsoft Teams terdapat saluran yang disematkan. Pertama, Umum (sebagai absensi dan obrolan). Kedua, Materi (untuk menyampaikan materi pelajaran). Ketiga, Tugas (untuk pemberian tugas kepada siswa). Keempat, Ulangan. Kelima, Webinar (berfungsi sebagai tatap muka pembelajaran jarak jauh antara guru dengan siswa). Webinar ini hampir mirip seperti video call.

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru dapat melalukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti Whatsapp (WA), Telegram, Instagram, aplikasi Zoom, Microsoft Teams, dan lain-lainnya. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. (on1/ida)

Guru Fisika SMK Negeri 2 Purwokerto

Author

Populer

Lainnya