Google Classroom Motivasi Home Learning IPA

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM proses pembelajaran terdapat dua aspek penting yaitu metode dan media pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran dalam pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu mengajar untuk menunjang penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kementerian Pendidikan Nasional menfasilitasi Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan mengoptimalkan media pembelajaran dalam bentuk fasilitas google.com. Mendikbud berharap fasilitas belajar tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas kesempatan belajar.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik isi maupun sistemnya. Google Classroom merupakan salah satu contoh media pembelajaran e-learning di Indonesia. Termasuk yang diterapkan di SMPN 2 Brangsong, Kendal. Keunggulan pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran adalah mudah dipakai dan dipahami karena tampilannya simple dan menarik. Akses yang cepat bisa digunakan dimana saja kapanpun saja dengan menginstal app google classroom lewat
playstore.

Baca juga:   Pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh Lebih Efektif dengan Video Interaktif

Google Classroom bersifat interaktif dilengkapi dengan fasilitas komunikasi antara pembelajar dengan pengajar, antar sesama pembelajar, dan pembelajar dengan sumber belajar lain. Google Classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Guru memliki keleluasaan waktu untuk membagikan tugas IPA dan memberikan laporan praktikum kepada siswa, guru juga dapat membuka ruang diskusi ilmiah bagi para siswa secara online.

Namun demikian, terdapat syarat mutlak dalam mengaplikasikan google classroom yaitu membutuhkan akses internet yang stabil. Selain itu, google classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas, submit tugas bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan. Rancangan kelas yang mengaplikasikan google classroom sesungguhnya ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan siswa tidak menggunakan kertas dalam mengumpulkan tugasnya. Dengan demikian, aplikasi ini dapat membantu memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar dengan lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena baik siswa maupun guru dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, menilai tugas di rumah atau dimanapun tanpa terikat batas waktu. (on2/zal)

Baca juga:   Belajar Kemagnetan Menjadi Jelas dengan Video Pembelajaran Aplikasi DURecorder

Guru SMPN 2 Brangsong, Kendal

Author

Populer

Lainnya