Cara Bermain Bola Voli di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PADA era adaptasi kebiasaan baru masyarakat bisa beraktivitas secara produktif, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di dalam dunia pendidikan aktifitas kegiatan belajar mengajar masih bisa dilanjutkan meski dengan metode daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring merupakan metode belajar mengajar melalui media elektronik seperti HP, laptop/PC dan jaringan internet.

Penerapan model pembelajaran daring inipun juga diberlakukan di SDN 4 Purwanegara Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah pihak sekolah, orang tua/wali siswa dan komite sekolah. Para siswa tetap bisa melakukan pembelajaran di rumah. Pembelajaran secara daring diterapkan di semua kelas. Setiap kelas dibuat Grup WA Daring dimana yang menjadi member atau anggota grup adalah siswa yang memiliki HP. Jika siswa tidak memiliki HP maka bisa menggunakan HP orang tua/ wali siswa. Member yang lain adalah Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran PAI dan PJOK.

Dalam pembelajaran PJOK, jadwal pembelajaran seperti pada hari biasanya. Untuk kelas V dengan materi pembelajaran dasar permainan Bola Voli, langkah-langkah pembelajarannnya sebagai berikut. Pertama Guru mengirimkan video pembelajaran melalui Grup WA Daring Kelas V. Video pembelajaran terdiri dari materi dasar permainan Bola Voli sesuai dengan RPP dan video contoh gerakan-gerakannya. Video pembelajaran diperankan langsung oleh Guru untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Kedua siswa untuk melihat, mencermati, dan melaksanakan tugas yang tercantum di dalam video pembelajaran tersebut. Ketiga siswa untuk mengirimkan video praktik melalui Grup WA Daring Kelas V sesuai waktu yang telah dijadwalkan yaitu satu minggu. Keempat Guru memberikan penilaian dan melakukan evaluasi gerakan sesuai dengan video siswa yang dikirim. Kelima Guru memberikan ulasan dan komentar tentang video praktik yang dikirim siswa melalui Grup WA.

Baca juga:   Case Study Ajarkan Pendidikan Antikorupsi Siswa

Untuk nilai pengetahuan siswa diberikan tugas menjawab pertanyaan secara tertulis, langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut. Pertama Guru memberikan tugas untuk mendalami materi dasar permainan Bola Voli pada buku paket. Kedua Guru memberikan pertanyaaan penilaian harian melalui Grup WA. Ketiga siswa diberi waktu satu minggu untuk mengumpulkan jawaban pertanyaan penilaian harian tentang dasar permainan Bola Voli melalui Grup WA. Keempat Guru melakukan umpan balik dengan memberikan penilaian pengetahuan siswa tentang materi dasar permainan Bola Voli.

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring PJOK materi dasar pengenalan Bola Voli ini mengalami beberapa kendala. Pertama ketersediaan sarana yang dimiliki siswa. Tidak semua siswa mempunyai HP. Kedua meskipun ada HP tidak selalu bisa digunakan karena keterbatasan quota yang dimiliki. Ketiga kondisi keberadaan sinyal internet yang berbeda-beda di setiap rumah siswa. Kempat kepedulian orang tua terhadap tugas-tugas anak selama belajar di rumah.

Agar tujuan pembelajaran dasar permainan Bola Voli dapat tercapai, perlu adanya dukungan dari sekolah, Guru, para siswa dan orang tua siswa. Sekolah memberikan kewenangan kepada Guru untuk melaksanakan pembelajaran daring melalui Grup WA. Siswa yang tidak memiliki HP dapat meminjam milik orang tua atau saudaranya. Dapat pula belajar bersama teman yang dekat rumahnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dalam pengumpulan tugas, Guru memberikan kelonggaran waktu pengumpulan kepada siswa yang memiliki keterbatsan sarana. Orang tua siswa hendaknya mendukung pembelajaran daring melalui Grup WA. Kepedulian orang tua sangat diperlukan dalam memfasilitasi ketersediaan quota atau pulsa HP siswa dan berperan dalam pengawasan pembelajaran siswa di rumah. (on1/zal)

Baca juga:   Identifikasi Sumber Energi Lewat Permainan Layang-Layang

Guru PJOK SDN 4 Purwanegara, Banyumas.

Author

Populer

Lainnya