Memahami Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia melaui Sosiodrama

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENURUT Nursid Sumaatmadja ( 2006 ) tujuan pendidikan IPS adalah “ Membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian social yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara”. Tapi kenyataannya Mupel IPS adalah salah satu mupel yang dianggap membosankan oleh siswa karena berisi tentang teori-teori yang jarang dipraktekkan. Dengan begitu prestasi belajar siswa menjadi rendah.

Salah satu materi pada Mupel IPS Kelas VI Tema 2 Kompetensi Dasar 3.4 adalah Memahami Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Agar penyampaian materi tersebut tidak membosankan guru harus bias memilih metode pembelajaran yang menarik, diantaranya adalah metode sosiodrama. Sosiodrama adalah metode mengajar dengan mendramakan atau memerankan suatu peristiwa.

Beberapa kelebihandari Metode Sosiodrama adalah: a. Melatih anak untuk mendramatisasikan sesuatu serta melatih keberanian; b. Metode ini akan lebih menarikperhatian anak, sehingga suasana kelas lebih hidup; c. Anak-anak dapat menghayati suatu peristiwa, sehingga mudah mengambil kesimpulanberdasarkan penghayatannya sendiri; d. Anak dilatih untuk dapat menyusun buah pikiran dengan teratur.

Baca juga:   Kuis IPS Kondisi Negara Menyenangkan dengan Google Form

Pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pembelajaran tidak bias melalui tatap muka secara langsung.Tetapi pembelajaran tidak harus selalu berada di dalam kelas. Kita bisa memanfaatka situasi yang ada yaitu situasi Agustusan yang biasanya mengadakan pentas seni. Kebetulan Desa Botekan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang jg mengadakan acara pentas seni. Karena itu Penulis selaku Guru Kelas VI SDN 02 Botekan menugaskan siswa untuk tampil pada acara pentas seni tersebut untuk melaksanakan sosiodrama tentang Proklamasi.

Dengan penerapan Metode Sosiodrama ini Kami berharap siswa Kelas VI SDN 02 Botekan dapat merasakan pembelajarn yang menyenangkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (ips2/zal)

Guru SDN 02 Botekan, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya