Media MOTUL Solusi di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 yang merebak di Indonesia praktis membuat banyak aktivitas tidak bisa berjalan normal atau bahkan terhenti. Belum adanya pengetahuan yang cukup tentang virus ini membuat banyak pihak tidak mau mengambil resiko untuk melaksanakan kegiatan. Hal itu juga terjadi di SDN Pujut 01, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan pembelajaran sempat dihentikan sama sekali untuk beberapa waktu.

Namun, seiring dengan semakin banyaknya informasi terkait bagaimana upaya pencegahan, SDN Pujut 01, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang memulai lagi aktivitasnya, dengan pendekatan berbeda dari biasanya dan mengacu pada protokol kesehatan yang ada. Sesuai petunjuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Batang, KBM boleh dilakukan secara daring dan luring, yang tentunya menyesuaikan dengan keadaan di masing-masing lokasi.

Pada Materi bilangan bulat, siswa kelas 6 seringkali mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan operasi hitung bilangan bulat. Kesulitan siswa disebabkan konsep penggunaan garis bilangan yang sulit untuk diingat dan dimengerti dan pembelajaran dilakukan secara daring yang menyebabkan siswa diharuskan belajar secara mandiri di rumah selama pandemic ini. Oleh karena itu, dibutuhkan cara baru untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan bulat yang menerapkan garis bilangan dengan menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami dan menerapkan.

Baca juga:   Pemanfaatan Google Meet sebagai Media Pembelajaran Materi Salat Wajib

Media MOTUL (media modifikasi garis bilangan dan mobil) merupakan media yang memanipulasi garis bilangan dengan menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Power Point. Garis bilangan dimanipulasi dengan jalan raya yang dilengkapi bilangan bulat berderet seperti garis bilangan serta mobil balap sebagai media penanaman konsepnya.

Penggunaan media motul memiliki aturan-aturan yang harus disepakati oleh guru dan siswa sehingga dapat menggunakan media ini dengan baik. Aturan-aturan tersebut antara lain: a) Pergerakan mobil diawali dari titik nol; b) bilangan positif ditandai dengan bergerak ke arah kanan; c) bilangan negatif ditandai dengan bergerak ke arah kiri; d) penjumlahan ditandai dengan mobil bergerak maju; e) pengurangan ditandai dengan mobil bergerak mundur; dan f) jika setelah penjumlahan atau pengurangan bertemu dengan bilangan negatif mobil berbalik arah.

Adapun langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sebagai berikut. Pertama, Siswa melihat konsep penggunaan media MOTUL dengan membuka tautan https://www.youtube.com/watch?v=tO3tMW8E-dk serta menyanyikan dengan percaya diri sebagai dasar untuk menerapkan dan menjelaskan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif. Kedua, Siswa mengamati video pada tautan https://www.youtube.com/watch?v=RTYvuj9TqN0 untuk memahami dan menjelaskan konsep bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan. Ketiga, Siswa mengamati tautan https://www.youtube.com/watch?v=RTYvuj9TqN0 tentang penerapan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif dengan menggunakan media MOTUL.

Baca juga:   Torso Permudah Belajar Alat Gerak pada Manusia

Keempat, Siswa menerapkan operasi hitung penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan prinsip garis bilangan melalui media MOTUL. Kelima, Siswa membuat karya mobil, tank, pesawat, dan jalan raya dengan menerapkan prinsip garis bilangan bulat positif dan negatif dengan memanfaatkan bahan bekas (membuat media MOTUL tiruan). Keenam, Siswa menerapkan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan media MOTUL tiruan. Ketujuh, Siswa mempresentasikan hasil kerja melalui foto maupun video dan dikirim menggunakan aplikasi grup whatsapp kelas.

Pembelajaran dengan menggunakan media MOTUL menyenangkan dan memudahkan siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat di kondisi Pandemi ini. Hal ini disebabkan karena siswa dapat menerapkan pembelajaran secara langsung melalui permainan multimedia. Selain itu, media MOTUL dapat menggiring pola berfikir siswa dari yang konkret, semi abstrak, dan kemudian dapat mengembangkan pikiran secara abstrak. Keadaan ini akhirnya membuat siswa mudah mempelajari konsep operasi hitung bilangan bulat. (ips2/zal)

Guru SDN Pujut 01 Tersono Batang

Author

Populer

Lainnya