Video Pembelajaran Tingkatkan Motivasi Belajar PJOK

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting. Yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.

Di kelas 3 SDN Sadeng 02 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, anak-anak masih harus melaksanakan kebijakan dari pemerintah yaitu belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. Guru selaku penulis, selalu berupaya agar tujuan pembelajaran PJOK di kelas 3 tersebut dapat tercapai.

Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum PJOK di kelas 3, salah satunya adalah siswa diharapkan dapat memahami dan mempraktikkan kombinasi gerak dasar non lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Pada pembelajaran kelas 3 tema 2 subtema 1, materi yang dipelajari siswa adalah tentang gerak memutar dan meliuk pada gerakan pemanasan.
Penulis selaku guru PJOK di SDN Sadeng 02 menggunakan media video pembelajaran untuk materi tersebut. Pengembangan model pembelajaran dengan media video pembelajaran dalam PJOK diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif belajar dalam berbagai situasi dan kondisi yang sangat menyenangkan dalam pembelajaran.

Baca juga:   Video Interaktif Tingkatkan Antusiasme Belajar Bola Voli

Video pembelajaran PJOK ini merupakan upaya yang digunakan sebagai perantara antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mendapat hasil yang optimal. Di masa pandemi Covid-19, perlu disadari bahwa guru tidak dapat melaksanakan tatap muka secara langsung kepada anak-anak, sebagai gantinya guru memberikan pembelajaran lewat video pembelajaran PJOK.

Pada materi kelas 3 Tema 2 subtema 1 ini, siswa memperoleh pengetahuan dan praktik untuk pembelajaran gerakan memutar dan meliukkan tubuh lewat video pembelajaran. Dengan kata lain, keseluruhan materi dapat termuat dalam video pembelajaran tersebut. Selain itu, guru dapat memberikan tugas untuk anak-anak sebagai umpan balik pada pembelajaran tersebut.
Video pembelajaran dalam pembelajaran materi kombinasi gerak dasar non lokomotor khususnya gerakan memutar dan meliukkan tubuh ini dapat lebih memotivasi siswa untuk belajar PJOK. Proses pembelajaran PJOK di kelas 3 SDN Sadeng 02 ini menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan sehingga mendorong siswa dapat memahami secara teori dan mampu mempraktikkan keterampilan pada pembelajaran PJOK.

Baca juga:   Pembelajaran Recount Text melalui Media Komik

Harapan selanjutnya setelah melakukan strategi pembelajaran pada kompetensi dasar Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor materi gerak memutar dan meliuk ini adalah tujuan serta indikator pembelajaran dapat tercapai. Siswa diharapkan aktif dan antusias mengikuti pembelajaran PJOK dengan baik, serta mendapatkan nilai diatas KKM. Penulis berharap kepada guru PJOK lainnya agar menerapkan modifikasi pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih senang dan memotivasi siswa. Akhir kata, semoga hasil belajar siswa yang meningkat itu dapat membawa kearah olahraga prestasi. (ips2/ida)

Guru PJOK SDN Sadeng 02 Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang

Author

Populer

Lainnya