Tingkatkan Menulis Text Procedure dengan Picture And Picture

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris merupakan bahasa internasional, tentu penting peranannya. Selain digunakan untuk berkomunikasi, juga digunakan untuk menguasai teknologi yang perkembangannya menuntut untuk dipelajari dan didalami. Karena itulah, pembelajaran bahasa Inggris mencakup empat keterampilan, yakni, mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), menulis (writing) secara terpadu.

Kenyataannya, siswa SMP Negeri 8 Salatiga masih kesulitan dalam memahami text procedure yang diajarkan melalui metode demonstrasi. Hal itu disebabkan karena kosakata/vocabulary yang dimiliki siswa sangat terbatas. Banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran bahasa Inggris dan menganggapnya pelajaran sulit.

Salah satu kesulitannya adalah kompetensi menulis text procedure. Terutama saat penulis mendemonstrasikan cara-cara membuat secangkir teh dengan menggunakan metode demontrasi. Tujuannya supaya siswa di akhir pembelajaran bisa menulis text procedure sesuai materi yang telah diajarkan. Ternyata hasilnya sangatlah jauh dari yang diharapkan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, penulis mengajarkan dengan model pembelajaran picture and picture dalam menerangkan materi ini. Agar model picture and picture ini efektif, penulis menggunakan media gambar yang dibuat secara berangkai sehingga menggambarkan suatu langkah-langkah pembuatan sesuatu dengan terurut.

Baca juga:   Tingkatkan Minat Belajar dengan Blended Learning Metode Flipped Classroom

Adapun langkah-langkahnya text procedure sebagai berikut, pertama, mengondisikan siswa dalam kelompok. Kedua, memperlihatkan gambar tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Ketiga, mengidentifikasi gambar tersebut dengan menyebutkan benda-benda yang ada pada gambar. Keempat, meminta siswa menuliskan apa yang ada pada gambar tersebut. Kelima, diperlihatkan gambar kedua, ketiga dan seterusnya untuk diidentifikasi. Keenam, mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Ketujuh, membuat kosa kata yang berkaitan dengan gambar. Kedelapan, membuat kalimat sesuai gambar. Kesembilan, menulis text procedure berdasarkan kalimat-kalimat yang telah dibuat.

Pembelajaran dengan model picture and picture diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis text procedure, mengembangkan pemahaman tata bahasa dan penggunaan kosa kata terkait materi.

Hal-hal yang harus dilakukan siswa untuk membuat text procedure, pertama, siswa harus tahu apa yang dimaksud text procedure. Yakni, teks yang bertujuan memberi petunjuk tentang langkah-langkah/metode/cara-cara melakukan sesuatu. Text procedure umumnya berisi tips untuk melakukan tindakan atau langkah untuk membuat suatu barang atau melakukan suatu aktivitas susunannya. Goal (title/judul bagaimana hasil akhirnya), material (bahan-bahan yang diperlukan), step (langkah-langkah pembuatan/cara melakukannya).

Baca juga:   Belajar Bahasa Inggris dengan Games Seru

Dengan mengetahui langkah-langkah tersebut, kesulitan siswa untuk menulis text procedure dapat teratasi. Apalagi dibantu dengan gambar-gambar yang mempermudah siswa meningkatkan kemampuannya.

Picture and picture adalah metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Melalui media gambar, dapat memahami text procedure dan siswa mampu meningkatkan kemampuan menulis.

Text procedure penting untuk diajarkan, karena siswa sering mengalami dalam kehidupannya sehari-hari dan dalam bermasyarakat tentang pentingnya text procedure. Tujuannya untuk memaparkan penjelasan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu dengan jelas. Dalam pembelajaran menulis text procedure, siswa dituntut mengetahui struktur teks, ciri-ciri teks dan cara menulis teks. Karena itulah, dibutuhkan media picture and picture sangat membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis text procedure. (ips1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 8 Salatiga

Author

Populer

Lainnya