Penilaian BDR Lebih Mudah dengan AGF

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Penilaian merupakan salah satu bagian dari manajemen pembelajaran yang dilakukan guru. Kegiatan tersebut merupakan urutan yang tidak terpisahkan dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/penilaian dan tindak lanjut dari sebuah pembelajaran yang dilakukan guru. Penilaian sangat dibutuhkan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Imbas dari pandemi covid 19 menyebabkan guru tidak dapat bertatap muka dengan siswa.

Belajar di rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. Pada pandemi Covid 19 ini guru dituntut tetap melaksanakan tugas pokoknya, salah satunya adalah melaksanakan penilaian pembelajaran. Guru dituntut kreatif memilih media pembelajaran yang memungkinkan untuk mempermudah dan menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya penilaian pembelajaran di rumah.

AGF yang dimaksud disini adalah Aplikasi Google Formulir. Penggunaan aplikasi google formulir sebagai alternatif pelaksanaan penilaian pembelajaran daring dari rumah.sebagai langkah untuk meminimalisasi penyebaran covid-19 yang memanfaatkan teknologi digital, antara untuk penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, maupun penilaian akhir tahun dan ujian penentuan kelulusan. AGF sangat membantu guru dalam menganalisis penilaian yang sudah ada tanpa harus menghitung secara manual.

Baca juga:   Mudah Kuasai Materi Listrik Dinamis Menggunakan Papan Model

Keunggulan pembelajaran daring dengan AGF antara lain: efektivitas waktu dan tempat, yaitu bahwa siswa dapat menghemat waktu ke sekolah dan guru dapat menggunakan materi yang sama di kelas lain. Kecepatan siswa dalam mengoperasikan teknologi untuk mencari informasi dan melakukan komunikasi secara instan sangat luar biasa, yaitu guru tidak lagi dijadikan sumber belajar yang utama, siswa telah memanfaatkan internet sebagai sumber pengetahuan. Kelebihan lain dengan AGF antara lain guru dapat mengetahui dengan cepat hasil analisis penilaian/ulangan tersebut. Dalam kondisi pandemi covid 19 ini guru tidak bisa mengharuskan semua siswa mengerjakan dalam waktu yang sama, karena kondisi siswa yang berbeda dan jaringan yang terkadang tidak mendukung.

Pembelajaran daring pun memiliki kelemahan, antara lain interaksi guru dengan siswa terbatas, yaitu pada fenomena tersebut, guru tidak bisa mengontrol aktivitas siswa di luar jam tatap muka. Guru pun tidak bisa mengontrol karakter siswa tentang kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan.

Berdasarkan fakta – fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan AGF dalam penyusunan naskah soal pada penilaian pembelajaran daring dapat dengan mudah dipelajari dan dipergunakan oleh guru sebagai alternatif media, dapat mengetahui tingkat kemampuan dan penguasaan materi siswa dalam menyerap apa yang telah disampaikan oleh guru dalam pembelajaran daring. Hasil penggunaan google form dapat membantu guru dalam melaksanakan tugasnya pada analisa penilaian harian maupun penilaian akhir apalagi pada masa pandemi covid 19. (ips2/ton)

Baca juga:   Belajar Ekosistem Menyenangkan dengan Metode Mind Mapping

Guru IPA SMP N 3 Semarang

Author

Populer

Lainnya