Kartu Bilangan Tingkatkan Hasil Belajar Matematika

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masalah-masalah nyata dari kehidupan sehari-hari digunakan sebagai titik awal pembelajaran matematika untuk menunjukkan bahwa sebenarnya matematika sebenarnya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak upaya sudah dilakukan untuk membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Benda-benda nyata yang dijadikan alat perantara pengetahuan disebut juga sebagai media pembelajaran, salah satu media yang digunakan dalam pendekatan matematika realistik adalah kartu bilangan.

Kartu bilangan adalah kertas karton yang yang bertuliskan angka-angka sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya hal tersebut bertolak belakang dengan yang ada di lapangan. Keadaaan pada siswa kelas II SDN 2 Pandes, Kecamatan Cepiring, siswa tidak dapat memahami ide dan konsep matematika, pembelajaran terasa kurang menarik dan menantang bagi siswa. Siswa kelas II SDN 2 Pandes, Kecamatan Cepiring yang berjumlah 22 orang, yang tuntas dalam pelajaran matematika hanya 11 orang atau 50% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kriteria ketuntasan minimal yaitu 65. Untuk mengatasi hal tersebut digunakanlah pendekatan matematika realistik menggunakan kartu bilangan pada pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Pandes, Kecamatan Cepiring.

Baca juga:   Pentingnya Konsep Dasar dalam Matematika di SD

Menurut Arsyad (2003:14) Media adalah yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud tertentu. Media adalah suatu perantara untuk menyampaikan pesan oleh si pemberi pesan kepada si penerima pesan dalam memberikan informasi ilmu pengetahuan. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1997:286) kartu adalah kertas tebal yang tidak seberapa besar biasanya persegi panjang untuk berbagai keperluan. Menurut Sigit Daryanto (1998:304) kartu adalah kertas tebal berbentuk persegi panjang (sesuai keperluan hampir sama dengan karcis). Bilangan adalah kumpulan dari beberapa angka yang dimulai dari angka 0 sampai 9. Media kartu bilangan adalah alat perantara yang tebal berbentuk persegi panjang terdiri dari kumpulan beberapa angka yang mengandung makna untuk mencapai tujuan pembelajaran disesuiakan dengan kegunaannya.

Langkah-langkah penggunaan kartu bilangan dalam pendekatan matematika realistik : mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam menggunakan media kartu bilangan. Guru mengambil kartu bilangan dan menempelkan dip apan tulis, memperlihatkan media kartu bilangan secara bergantian dan memberikan contoh dalam melakukan kegiatan bermain kartu bilangan. Guru mengelompokkan anak menjadi 2-3 kelompok. Guru memanggil anak satu persatu sesuai keolompok yang telah dibagi, memanggil anak secara bergantian untuk menunjuk kartu bilangan, memanggil anak memasangkan kartu bilangan secara bergantian, memanggil anak mengurutkan bilangan secara benar. Guru memperhatikan hasil kegiatan anak dalam penggunaan kartu bilangan dan membimbing anak jika ada kesalahan.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Matematika dengan Jarimatika

Penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika tentang “mengurutkan bilangan sampai 500, dari yang terkecil ke terbesar dan mengurutkan dari yang terbesar ke terkecil” pada siswa kelas II SDN 2 Pandes dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Saat tes formatif hasil yang diperoleh meningkat signifikan dari 22 siswa, 20 siswa sudah bisa mencapai nilai KKM, dan hanya 2 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan. (dar2/ton)

Guru SDN 2 Pandes Cepiring Kendal

Author

Populer

Lainnya