Dengan Rekam Layar Layanan Bimbingan Klasikal Tetap Lancar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI adalah wabah yang berjangkit serempak di mana –mana meliputi geografi yang luas . Artinya, virus corona telah menyebar keseluruh dunia, namun tidak menyurutkan anak -anak untuk tetap belajar melalui moda daring untuk mengurangi penyebaran covid19. Ditengah pandemi yang terus mewabah, dunia pendidikan harus tetap terus berbenah dan mendapatkan perhatian yang serius agar tidak berdampak buruk karena kita tidak ingin pandemi covid 19 melumpuhkan dunia pendidikan saat ini.

Pembelajaran moda daring sebagai solusi saat pandemi ini sebagai sarana untuk pembelajaran dengan peserta didik dengan nyaman dan aman. Pada kenyataannya muncul kendala – kendala di yang sangat menyulitkan bagi pendidik di dalam memberikan materi pelajaran jarak jauh.Kendala yang selalu bermunculan antara lain jaringan internet yang lemot dan Tidak mempunyai android sehingga peseta didik kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran.Dalam Program pelayanan BK yang diperuntukkan semua siswa baik yang bermasalah maupun yang tidak bermasalah. Adapun layanan tersebut adalah Layanan Dasar,Layanan Responsif, Peminatan dan perencanaan individual serta Dukungan system.

Direktorat Jendral Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2007 menjelaskan bahwa Layanan bimbingan Klasikal adalah salah satu pelayanan Dasar bimbingan yang dirancang menuntut konselor untuk melakukan kontak langsung dengan para siswa didik di kelas secara terjadwal.Bimbingan Klasikal diberikan kepada seluruh siswa secara klasikal.Bimbingan Klasikal adalah bimbuingan yang berorientasi pada kelompok siswa dalam jumlah cukup besar antara 30-40 siswa.

Baca juga:   Dampak Kematangan Emosi Siswa Terhadap Self Regulation

Bimbingan klasikal lebih bersifat preventif / pencegahan dan berorientasi pada pengembangan pribadi siswa yang meliputi bidang Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir.Materi. Bimbingan Klasikal meliputi masalah perkembangan misalnya Informasi pendidikan, pekerjaan, Persona dan Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman diri dan orang lain serta perbahan sikap dengan menggunakan berbagai media dan dinamika kelompok.

Dalam rangka upaya meningkatkan dan memotivasi belajar untuk menyampaikan materi layanan Bimbingan Klasikal di era pandemi ini penulis Guru SMPN 34 Semarang mengunakan pembelajaran yang murah dan menyenangkan yaitu dengan metode rekam layar menggunakan aplikasi Xrecorder yang sangat mudah dan murah. Dengan menggunakan Android bisa menjelaskan materi Layanan Klasikal secara efektif. Xrecorder adalah aplikasi perekam layar atau screen recorder sekaligus video recorder yang paling kompatibel untuk android.

Aplikasi ini tidak memiliki batas waktu perekaman juga tidak ada tanda air yang mengganggu saat perekaman.Pengguna juga dapat merekam layar ponsel dengan aman. Ada banyak fitur yang yang dimiliki Xrecorder seperti mendukung semua video, merekam gameplay mengekspor video full HD dll. Langkah –langkah rekam layar atau menggunakan Xrecoder: download aplikasi Xrecorder, setting (tangkapan layar, kamera, kuas,mikrofon orientasi )sesuai yang diinginkan, tampilkan materi (PPT), rekam untuk menjelaskan materi yang tampil di layar sesuai keinginan kita tanpa ada batas waktu perekaman, geser slide berikutnya dan seterusnya,hasil rekaman akan terlihat di Aplikasi Xrecorder dan galeri kemudian kirim melaui WA Grup.

Baca juga:   Mudah Belajar Bangun Datar melalui Media Geometri

Demikian pembelajaran daring melalui tehnik rekam layar dapat meningkatkan Layanan Klasikal di SMPN 34 Semarang, dengan rekam layar peserta didik sangat antusias dan mudah memaham pembelajaran BK yang sewaktu – waktu dapat diputar berulang- ulang untuk lebih memahaminya. (dar2/zal)

Guru BK SMPN 34 Semarang

Author

Populer

Lainnya