SAC Dalam Pembelajaran Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan sistem pencernaan manusia mempunyai cakupan materi yang cukup luas. Pengetahuan yang diperoleh siswa akan sangat terbatas apabila guru tidak memberikan pengembangan materi. Kegiatan pembelajaran dengan memberikan materi lewat WAG akan membuat sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Akibatnya hasil belajar siswa masih banyak yang tidak mencapai target. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya minimnya media belajar serta metode pembelajaran yang tidak tepat.

Dengan memperhatikan permasalahan yang terjadi, guru mencari solusi agar pembelajaran lebih bervariasi dan menarik. Seiring dengan perkembangan abad 21 banyak perangkat lunak atau software yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan mobile learning, yaitu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah software SAC (Smart Apps Creator). Dengan SAC materi pelajaran dapat disusun secara menarik, dalam berbagai bentuk yang kemudian dipindahkan ke perangkat HP android untuk digunakan.

Langkah pertama guru harus memilih dan menentukan materi yang akan disusun ke dalam menu pada software SAC. Satu menu berisi beberapa halaman yang dikelompokkan (section). Satu section berisi isi bahasan menu tersebut. Jumlah halaman dapat diatur sesuai kebutuhan tergantung banyak atau sedikit materi yang akan disampaikan. Dalam proses pembuatannya inovasi dan kreatifitas guru juga diuji. Semakin lengkap dan menarik susunan isi menu, maka akan sangat menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas. Tampilan menu dapat diatur dari awal yaitu bentuk horisontal, vertikal, atau gabungan keduanya. Penyusunan materi diakhiri dengan proses ekspor dalam bentuk file apk. File inilah yang dapat digunakan dalam perangkat android.

Baca juga:   Manfaatkan Aplikasi dalam Inovasi Pembelajaran selama Pandemi

Pada saat pembelajaran daring di SD N Mangunsari 04 Salatiga, guru dituntut semenarik mungkin dalam mengemas materi, supaya siswa mudah memahami materi yang diberikan. Guru berupaya mengemas materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan aplikasi SAC. Guru membagikan aplikasi tersebut melalui WAG dan google drive. Setelah file apk didownload secara otomatis muncul perintah instalasi software SAC di HP android atau di laptop. File ini berisi materi yang akan dipelajari hari itu yaitu materi sistem pencernaan manusia. Guru menyusun materi secara runtut dalam bentuk berbagai menu. Siswa hanya butuh mengklik tombol menu untuk membuka akses dan mempelajari isinya. Menu utama terdiri dari 7 menu yang dapat diakses siswa, yaitu menu sistem pencernaan manusia, menu alat pencernaan manusia, menu gangguan pada alat pencernaan manusia, menu cara menjaga kesehatan alat pencernaan manusia, menu video pembelajaran, menu kuis, dan menu soal evaluasi. Beberapa menu utama dilengkapi lagi dengan halaman sub menu (section), misalnya menu alat pencernaan manusia terdiri dari section mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Masing-masing dilengkapi gambar berwarna, penjelasan, serta audio agar lebih menarik.

Baca juga:   Belajar Sistem Pencernaan dengan Metode Discovery Learning

Pada bagian akhir pembelajaran semua siswa dapat mengakses menu soal evaluasi. Soal disusun dalam bentuk PG. Pilihan jawaban benar telah dikunci sebelumnya oleh guru. Apabila siswa menjawab benar, maka respon tanda centang (√) akan muncul disertai animasi dan suara benar. Sebaliknya jika salah, respon tanda silang (x) akan muncul disertai animasi dan suara salah. Nilai tiap soal yang dijawab benar akan ditambahkan dan terakumulasi secara langsung pada soal berikutnya. Nilai akhir evaluasi akan tampil pada halaman yang menampilkan soal terakhir.

Respon siswa sangat luar biasa dalam menggunakan software SAC sebagai media pembelajaran dengan HP android. Siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran daring, siswa tidak lagi merasa bosan atau jenuh selama daring. Siswa lebih mudah memahami pokok bahasan sistem pencernaan manusia karena materi tersimpan di HP dan setiap saat dapat dibuka kembali. (gm2/lis)

Guru SDN Mangunsari 04 Salatiga

Author

Populer

Lainnya