Mendemonstrasikan Hafalan Ayat Alquran melalui Video Call

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Selama diberlakukan masa era baru atau new normal, aturan kebijakan dan aturan protokol kesehatan Covid-19 tetap diterapkan, termasuk di lingkungan pendidikan. Proses belajar mengajar masih tetap dilaksanakan dengan sistem daring. Termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam kelas XI semester 3 adalah mendemonstrasikan hafalan ayat Alquran tentang kompetensi dalam kebaikan dan etos kerja.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas serta kualitas proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kebutuhan untuk berkomunikasi dan kegiatan belajar di tengah lockdown karena pandemi Covid-19 kini beralih ke serba online. Karena itu, beberapa aplikasi video call mendadak banyak digunakan oleh masyarakat ataupun guru. Oleh sebab itu, di sini guru memilih video call sebagai media pembelajaran dalam materi demonstrasi hafalan ayat Alquran kelas XI SMK Negeri 1 Sragi agar lebih efektif dan tercapainya tujuan pembelajaran.

Di sini guru sangatlah berperan penting dalam membimbing peserta didik ke arah terbentuknya pribadi yang diinginkan. Melalui video call WhatsApp, peserta didik tidak masuk sekolah tetapi tetap setor hafalan ayat dari rumah. Ternyata cara tersebut lebih efektif dibanding pembelajaran tatap muka, yang kadang pada pertemuan pertama hanya 60 persen peserta didik yang hafal. Sedangkan dengan video call ternyata peserta didik lebih antusias dan semangat serta bertanggung jawab sesuai deadline mencapai 90 persen.

Baca juga:   Pandemi dan Pendidikan Karakter Siswa

Namun ada sedikit kendala dalam metode pembelajaran ini. Di antaranya, koneksi jaringan internet maupun kuota, sehingga guru harus lebih sabar dan telaten. Ketika menjumpai peserta didik yang sedang video call hafalan tiba-tiba error karena jaringan, maka peserta didik harus mengulang kembali dan mencari tempat lain yang sinyalnya bagus.

Proses pembelajaran dengan media video call ini guru terlebih dahulu menyusun atau menyiapkan skenario yang akan ditampilkan oleh peserta didik, dan beberapa petunjuk praktiknya terhadap peserta didik serta untuk mempelajari dan menghafalkan ayat yang akan didemonstrasikan dalam waktu beberapa hari sebelum kegiatan belajar mengajar. Guru memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai, peserta didik yang sudah hafal langsung video call guru satu persatu secara bergantian mendemontrasikan hafalan ayat sesuai waktu yang telah ditentukan, guru menilai dan memberikan kesimpulan secara umum dan penutup.

Kemajuan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan pendidikan, para guru memanfaatkannya untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih menarik perhatian peserta didik. Sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media video call sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi pada peserta didik dalam memahami materi yang akan ditampilkan.

Baca juga:   Pembelajaran Blended Learning PAI dengan Flipped Classroom Model

Jadi dalam pembelajaran melalui video call tentunya dapat meningkatkan semangat peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kompetensi dasar mendemonstrasikan hafalan Q.S al Maidah:48, Q.S an Nisa’:59 dan Q.S at Taubah : 105 dengan fasih dan lancar. (gm2/aro)

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Negeri 1 Sragi, Kab. Pekalongan
(nadamilatina123@gmail.com)

Author

Populer

Lainnya