Kolaborasi Google Classroom dan Metode Drill

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEBETULNYA materi pelajaran ada yang lebih efektif disampaikan secara tatap muka. Seperti dalam mata pelajaran kimia kelas X MIPA Kompetensi Dasar (KD) 3.2 adalah menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik. Dalam materi ini, peserta didik sangat membutuh penjelasan langkah demi langkah. Namun karena pandemi Covid-19, penulis terpaksa menyampaikan materi tersebut dengan pembelajaran jarak jauh. Karena itulah, untuk mengajarkan materi konfigurasi elektron melalui pembelajaran jarak jauh, penulis menggunakan kolaborasi aplikasi Google Classroom dan Metode Drill.

Menurut Saiful Sagala (2009:21), metode drill adalah metode latihan atau metode training yang merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu, sebagai sarana memperoleh ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.

Menurut Abdul Rahman Saleh (2006:203), ciri khas metode drill adalah kegiatan berupa pengalaman yang berkali-kali supaya assosiasi stimulus dan respon menjadi sangat kuat dan tidak mudah untuk dilupakan. Dengan demikian terbentuklah sebuah keterampilan yang setiap saat siap untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan.

Baca juga:   Membaca Tingkatkan Menulis Narasi Berbahasa Jawa

Langkah awal yang penulis lakukan adalah menginstruksikan kepada peserta didik di kelas X MIPA 1-2-3-4-5 SMA Negeri 1 Cepu, untuk bergabung di kelas kimia pada aplikasi Google Classroom. Selanjutnya penulis meng-entry-kan materi tentang konfigurasi elektron dan dilengkapi contoh soal yang disertai langkah-langkah penyelesaian dengan urutan sebagai berikut, pertama, mencari jumlah elektron terlebih dahulu. Kedua, menuliskan urutan 1s 2s 2p 3s 3p 4s 3d 4p 5s 4d 5p 6s 4f 5d 6p 7s 5f 6d 7p. Ketiga, mendistribusikan jumlah elektron ke sub kulit-sub kulit sesuai ketentuan, yang mana sub kulit s maksimal berisi 2 elektron, sub kulit p maksimal berisi 6 elektron, sub kulit d maksimal berisi 10 elektron dan sub kulit f maksimal berisi 14 elektron. Keempat, menghapus sub kulit yang tidak dipakai.

Agar metode drill ini bisa lebih efektif, penulis memberikan contoh soal beserta langkah-langkah penyelesaiannya untuk 3 atom netral, 3 atom bermuatan positif dan 3 atom bermuatan negatif dan penulis memberikan tugas latihan soal untuk dikerjakan peserta didik yaitu membuat konfigurasi elektron 5 atom netral, 5 atom bermuatan positif dan 5 atom bermuatan negatif. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi konfigurasi elektron tersebut, penulis menginstruksikan agar peserta didik memfoto jawaban soal tersebut dan mengirimkannya melalui Google Classroom.

Baca juga:   PBL Tingkatkan Motivasi Belajar Sifat Koligatif Larutan

Melalui kolaborasi Google Classroom dengan metode drill ini, penulis menyimpulkan bahwa peserta didik akan memiliki keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta keterampilan membuat konfigurasi elektron baik atom netral, atom bermuatan positif, dan atom bermuatan negatif melalui cara yang lebih efektif dan sangat menyenangkan. (fbs1/ida)

Guru Kimia SMAN 1 Cepu Kabupaten Blora

Author

Populer

Lainnya