Belajar Persebaran Fauna dengan Blind Map melalui Zoom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dunia pendidikan kali ini menghadapi tantangan baru, di mana belajar mengajar tanpa harus tatap muka. Mau tidak mau guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mencari metode pembelajaran yang tepat untuk menghadapi situasi seperti ini.

Seperti yang telah disampaikan oleh Wekke & Hamid dalam penelitiannya menyatakan bahwa teknologi informasi dapat diterima sebagai media dalam melakukan proses pendidikan. Termasuk membantu proses belajar mengajar, yang juga melibatkan pencarian referensi dan sumber informasi (Wekke & Hamid, 2013).

Penulis melakukan wawancara kepada siswa dan orang tua kelas 5 SDN Soronalan 1, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, terkait pengalaman mereka mengenai perbaikan yang harusnya dilakukan pada saat penerapan daring agar pembelajaran berbasis daring bisa menjadi lebih baik.

Saran yang diberikan sangat variatif. Seperti pertama, siswa berharap para guru tetap memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran. Siswa merekomendasikan penjelasan materi melalui video, mereka merasa materi mudah diterima dan dipahami.
Kedua, siswa berharap para guru mampu mengikuti tren kemajuan teknologi yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang sedang disukai para siswa. Dengan begitu siswa merasa lebih antusias, semangat, dan tidak mudah bosan. Siswa merekomendasikan sesekali pembelajaran bisa dilakukan dengan Zoom. Mereka merasa senang dan ketika melakukan sesi tanya jawab merasa dipermudah.

Baca juga:   Literasi Sains Tingkatkan Minat Belajar IPA

Penulis mencoba pada materi persebaran fauna di Indonesia, dengan menggunakan blind map. Guru melakukan pembelajaran secara langsung menggunakan aplikasi Zoom. Setelah penjelasan selesai ada sesi tanya jawab, siswa antusias mengikuti pembelajaran. Selain dapat berinteraksi langsung, siswa juga secara tidak langsung bisa merasakan pembelajaran yang sebenarnya meski secara daring.

Bertatap muka dengan guru dan teman-teman, meski kadang ada kendala sinyal tidak setabil atau listrik padam sehingga kurang maksimal. Namun setidaknya guru dan siswa bisa berinteraksi dan berkomunikasi lebih baik. Memang sudah selayaknya kemajuan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan pendidikan. Para pendidik memanfaatkannya untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Steers (1985:87) menjelaskan bahwa efektivitas adalah jangkauan usaha suatu program sebagai suatu sistem dengan sumber daya dan sarana tertentu untuk memenuhi tujuan dan sasarannya tanpa melumpuhkan cara dan sumber daya itu serta tanpa memberi tekanan yang tidak wajar terhadap pelaksanaannya. Untuk itu kita sebagai pedidik memang sudah saatnya untuk melek teknologi. Meski harus sedikit tertatih, namun dengan kemauan yang keras serta pantang menyerah permasalahan yang kita temui bisa teratasi. Permasalahan pada pembelajaran daring selama ini adalah guru hanya banyak memberikan tugas tanpa ada penjelasan, namun sekarang dengan adanya aplikasi Zoom, guru dan siswa bisa berinteraksi. Di samping itu guru bisa menjelaskan materi pelajaran dengan media yang sudah dibuat lebih maksimal melalui vidio dan PPT. Permasalahan pembelajaran daring setidaknya bisa teratasi melalui aplikasi Zoom ini salah satunya. Jadi siswa di SDN Soronalan 1, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang bisa lebih mudah memahami tentang materi persebaran fauna di Indonesia dengan lebih menyenangkan dan bermakna.

Baca juga:   Belajar Sistem Peredaran Darah dengan Running LED

Pada akhirnya sudah saatnya sekarang kita meski bersahabat dengan teknologi, dengan memperhatikan segala kelebihan dan kekurangannya. Kita sebagai guru dan juga orang tua tidak boleh lengah dalam mengawasi dan membimbing siswa dalam belajar melalui daring dengan teknologi yang digunakan baik laptop, handphone, ataupun komputer, dan juga tablet. Karena dalam perangkat itu tidak hanya berisi konten-konten yang bermanfaat saja, namun juga tidak sedikit konten yang buruk bagi perkembangan siswa. (fbs1/lis)

Guru SDN Soronalan 1, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya