Penggunaan Jaringan LAN untuk Penilaian Harian Berbasis Komputer

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan penghapusan ujian nasional, banyak sekolah yang kebingungan dalam mengelola laboratorium komputer yang sudah terlanjur dibangun. Satu sekolah biasanya memiliki lebih dari satu laboratorium komputer yang di dalamnya berisi banyak komputer yang saling terhubung membentuk jaringan LAN (Local Area Network). Jika jaringan komputer ini tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan baik maka akan lebih mudah mengalami kerusakan, hal ini sangat disayangkan mengingat biaya pembangunannya sangat besar.

Kita bisa memanfaatkan jaringan komputer yang sudah ada untuk menunjang pembelajaran, salah satunya untuk melaksanakan penilaian harian berbasis komputer menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT). Dalam penilaian berbasis komputer, banyak terobosan baru yang bisa kita manfaatkan biaya minim, bahkan sekolah kecil pun bisa melaksanakannya. Dengan CBT kita dapat menghemat ribuan lembar kertas dan tentunya secara langsung kita berkontribusi dalam pelestarian lingkungan selain itu sumber daya yang dibutukan dalam mempersiapkan, pelaksanan dan pasca penilaian jauh lebih sedikit, sehingga dapat dialokasikan ke hal lain.

Banyak sekali developer software yang menyediakan aplikasi penilaian berbasis komputer dari yang gratis hingga berbayar, dengan persyaratan spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi. Beesmart CBT merupakan salah satu aplikasi penilaian berbasis komputer yang sangat recomanded untuk dicoba karena tergolong cukup mudah untuk digunakan dan merupakan aplikasi tidak berbayar. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Daffa Media yang terdiri dari beberapa programer yang ahli di bidangnya, versi terbaru bisa diunduh melalui link https://bit.ly/3a1uafO.

Baca juga:   Pembelajaran Drama secara Daring Tetap Efektif dengan Aplikasi

Yang kita perlukan untuk mengoperasikan Beesmart CBT adalah beberapa komputer yang tehubung menjadi jaringan LAN dimana salah satunya kita jadikan server yang akan kita tanamkan aplikasi CBT melalui perantara aplikasi server dan data base yang terintegrasi misalnya XAMPP sebagai pusat data. Sedangkan komputer yang lain sebagai client yang akan mengakses data yang dimiliki server tanpa install aplikasi apapun cukup menggunakan aplikasi browser bawaan. Setelah jaringan LAN terbangun dan aplikasi penilaian sudah terpasang di dalam server langkah selanjutnya adalah kita harus Login untuk memasukkan data induk ke dalam aplikasi meliputi kelas, mata pelajaran, identitas siswa, user guru sebagai administrator dan user siswa sebagai pengguna.

Ketika akan melakukan penilaian objektif pilihan ganda guru harus menginput soal lebih dahulu baik secara manual maupun dengan cara impor, kemudian soal yang sudah masuk disetting meliputi kunci jawaban, skor maksimal tiap soal, pengacakan keluarnya soal beserta opsi jawaban dan lamanya waktu penilaian yang akan dilakukan. Khusus untuk soal uraian cukup disetting pengacakan dan lamanya waktu penilaian. Untuk mengerjakan soal penilaian siswa harus memasukkan alamat localhost yang diberikan administrator pada browser kemudian login menggunakan user dan password yang sudah dibuatkan.

Baca juga:   Tingkatkan Pemahaman Siswa Materi Gaya dan Gerak dengan Jigsaw

Setelah pelaksanaan penilaian semua jawaban siswa akan tersimpan di dalam server selamanya dan tidak akan hilang kecuali kita menghapusnya. Penilaian soal pilihan ganda koreksi dilakukan secara automatis oleh komputer kita tinggal mengunduh hasilnya. Di sana tertera jawaban siswa yang sudah dikoreksi benar dan salah beserta skornya sedangkan penilaian uraian kita hanya perlu mengoreksi dan memberi skor tiap soal saja. Sedangkan perhitungan nilai dilakukan secara otomatis oleh computer. Misalkan kita membutuhkannya untuk kegiatan analisis dan evaluasi hasil penilaian kita bisa mengunduh dan mengopinya ke dalam lembar analisis. Soal yang sudah gunakan untuk penilaian satu kelas bisa kita edit untuk digunakan lagi kelas lain tanpa kebocoran, selain itu tingkat kecurangan siswa dalam mengerjakan soal penilaian bisa diminimalisir karena soal beserta opsi jawaban keluar teracak untuk setap siswa. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah tersedia, banyak waktu dan sumber daya yang bisa kita hemat. Selamat mencoba. (ips2.1/lis)

Guru SMA Negeri 1 Subah

Author

Populer

Lainnya