Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dimiliki seseorang untuk mengungkapkan ide,perasaan,pendapat,pengetahuan dan pesan secara tertulis.Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung tidak bertatap muka dengan orang lain. Pembelajaran yang berlangsung selama ini lebih terpusat kepada guru. Siswa menjadi sangat bergantung kepada guru dan tidak terbiasa mencari alternatif penyelesaian masalah lain yang tidak disampaikan oleh guru.Materi pembelajaran cukup dihapalkan saja tanpa mempelajari lebih lanjut makna dan bentuk pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pembelajaran daring yang sifatnya tanpa arahan guru dan orangtua,siswa saat menjawab pertanyaan atau mengumpulkan tugas selalu telat. Hal tersebut kurang sesuai dengan pembelajaran kontekstual.

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut. Teks prosedur berisikan satu langkah atau tahapan disusun secara informatif menggunakan syarat/pilihan langkah berkelanjutan dengan penjelasan bersifat universal,logis,objektif,aktual dan akurat.Macam teks prosedur yang pertama, Teks Prosedur Sederhana, prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh: Prosedur mengoperasikan setrika.KeduaTeks Prosedur Kompleks, yang terdiri atas banyak langkah dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

Baca juga:   Mengidentifikasi Unsur Pembangun Puisi dengan Metode Demonstrasi

Sedangkan bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan (bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya). Setelah mengadakan observasi ternyata masih banyak siswa yang kesulitan dalam kaitannya dengan menulis. Faktor lain yang membuat siswa sulit untuk belajar menulis adalah metode-metode pengajaran yang tidak bervariatif, proses pembelajaran oleh guru cenderung pada pencapaian target materi kurikulum. Masih banyak guru yang dalam proses pembelajaran hanya menggunakan pembelajaran biasa masih konvensional. Dengan metode yang tepat digunakan oleh guru akan memudahkan siswa yang disampaikan oleh guru.

Bahasa Indonesia,harus diorganiasikan dengan metode yang tepat.

Metode Discovery Learning, metode modern yang dilakukan dengan cara mengembangkan cara belajar siswa lebih aktif,mandiri dan pemahaman yang lebih baik.Siswa mencari jawaban atas pertanyaannya sendiri,sehingga dapat diingat lebih baik.Strategi ini dinamakan strategi penemuan.Siswa menjadi lebih aktif mencari memahami dan menemukan jawaban dari materi yang terkait.Siswa juga mampu menganalisa pengetahuan yang

Pembelajaran menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning pada kelas XI SMAN 1 Subah ternyata lebih tepat karena metode ini sangat menarik dan dapat memperoleh hasil yang memuaskan dalam mencapai tujuan. Pembelajaran menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning ini siswa lebih aktif,cerdas,kritis dan kreatif.Dengan menguasai keterampilan menulis ,peserta didik lebih mampu menuangkan gagasan atau pikiran.Siswa dapat lebih efektif dan mampu menulis menjelaskan dalam bentuk banyak langkah atau cara dengan baik kedalam beberapa paragraf menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat.

Baca juga:   Belajar Menganalisa Perubahan Sosial Budaya melalui Media Online

Dari uraian yang penulis sampaikan,semoga dengan Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning siswa dapat menjadi penemu sekaligus pemecah masalah, bukan hanya penyadap informasi.Siswa juga dapat belajar dengan mudah dan lebih efektif sehingga prestasinya dapat meningkat. (ips2/zal)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Subah, Batang

Author

Populer

Lainnya