Mengenal Lingkungan Alam Sekitarnya

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ALAM di sekitarnya membuat anak-anak didik kita kadang merasa tidak peduli dengan apa yang ada di sekitar kita, bertahan hidup tanpa lingkungan. Kebutuhan akan pangan tersedia karena lestarinya alam. Selain bahan pangan, udara dan air tanah (air bersih) merupakan hal yang sangat penting bagi manusia dan seluruh makhluk hidup. Berdasarkan hal tersebut, sangat diperlukan pendidikan untuk siswa agar siswa lebih bijak dalam berinteraksi dengan alam.

Pengenalan selaras dengan alam yaitu salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran kepada siswa di sekolah-sekolah bahwa manusia hidup tergantung dengan alam, alam akan terjaga maka bencana akan terhindar. Dengan kata lain manusia berinteraksi baik dengan alam maka alam pun akan membalas kebaikan manusia sebaliknya manusia berinteraksi buruk dengan alam maka alam akan merusak manusia itu sendiri.

Dengan cara untuk menumbuhkan sikap baik siswa berinteraksi dengan alam yaitu dengan saling berhubungan dengan alam di sekitarnya. Seperti yang diajarkan di SDN 03 Pekiringanalit, Kabupaten Pekalongan. Melestarikan alam lebih baik lagi, merupakan sikap-sikap yang diharapkan bias diterapkan dan dibudayakan oleh siswa demi terciptanya interaksi manusia dengan alam yang lebih baik dan bijak. Adapun sikap-sikap tersebut yaitu: sikap saling berhubungan dengan alam melestarikan alam sekitarnya.

Baca juga:   Mengenal Tata Surya dengan Game Android

Melindungi Alam Sekitarnya. Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang ramah terhadap lingkungan seperti memilki lahan terbuka yang dapat difungsikan sebagai lahan hijau. Selain itu ciptakan peraturan yang tegas dalam memelihara lingkungan alam sekolah untuk mendisiplinkan anak agar dapat berinteraksi baik dengan alam.

Melestarikan Alam. Setelah menciptakan, langkah selanjutnya menata. Tata hasil ciptaan dengan rapi. Sebagus apapun benda apabila dalam hal menata kurang baik dan rapi akan mengakibatkan suatu benda terlihat buruk. Menata dalam menjaga lingkungan adalah menata ruang lingkungan agar seimbang antara lahan hijau, daerah resapan.

Menciptakan Lingkungan Alam. Hasil dari cipta dan menata lingkungan yang baik akan menumbuhkan karakter rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan di dalam jiwa siswa.

Mengenal Alam Lebih dalam lagi. Lebih mengenal dan mencintai lingkungan akan menumbuhkan rasa ingin tahu lebih lanjut bagaimana menjaga lingkungan. Hal-hal apa saja yang dapat mengakibatkan rusaknya lingkungan Seperti membuang sampah sembarangan ,penggundulan hutan, pencemaran lingkungan penambangan liar (pasir dan bahan tambang), dan berkurangnya daerah resapan air akibat betonisasi dikota-kota dan sebagainya. Tindakan yang bias ditanamkan pada diri siswa untuk menanggulangi bahaya kerusakan lingkungan, antara lain: reboisasi, tebang pilih, membuat sengkedan atau terasrering untuk daerah yang berada di lereng, membuat biopori atau lahan resapan air hujan dan sebagainya.

Baca juga:   Guru BK yang Dipercaya Siswa

Melengkapi Alam Sekitarnya. Seluruh sikap diatas apabila telah terlaksana dengan baik maka akan tumbuh rasa tetap menjaga. Hal yang paling sulit adalah menjaga lingkungan alam, tetepi seandainya menjaga sesuatu yang sudah tertanam dalam diri siswa maka dengan sendirinya akan mudah menumbuhkan sikap lebih peduli dan bijak terhadap lingkungan alam.

Melalui budaya yang saling ketergantungan dengan alam, di sekolah ini diharapkan akan tertanam karakter-karakter positif pada diri siswa seperti peduli lingkungan, cintai alam sekitar, rasa syukur terhadap anugerah yang diberikan Tuhan YME, dan menjadikan contoh tauladan bagi diri, keluarga dan lingkungan sekitar sehingga akan terwujud interaksi yang baik antara manusia dengan alam. (ips1/zal)

Guru SDN 03 Pekiringanalit, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya