Kegiatan Ekonomi dengan Metode Latihan Ketrampilan pada Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, EKONOMI adalah salah satu mata pelajaran di SMA yang kadang dipandang sulit khususnya Ekonomi Akuntansi. Padahal ilmu ekonomi itu sendiri sudah diterapkan pada kehidupan sehari – hari. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Menurut Adam Smith, secara sistematis ilmu ekonomi mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber- sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu. Inti masalah ekonomi adalah adanya keseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan kelangkaan. Pada era modern ini, ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

Dimasa pandemi ini guru dan siswa hanya berkomunikasi menggunakan media sosial contohnya WA dan begitu pula Pembelajaran hanya bisa dilakukan melalui sistem daring. Pembelajaran sistem daring ini memaksa guru untuk membuat inovasi yang bertujuan agar siswa tidak merasa bosan. Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kesesi Kelas X pada Materi Kegiatan Ekonomi sulit dipahami oleh siswa. Maka guru berinovasi untuk memecahkan permasalahan ini dengan cara siswa untuk berperan secara langsung dalam “ kegiatan Ekonomi” yaitu sebagai produsen, sebagai distributor dan sebagai orang yang berkomuikasi langsung dengan konsumen melalui media sosial seperti Facebook, WA, dan atau Instagram atau disebut Metode Latihan Ketrampilan.

Baca juga:   Penerapan Pembelajaran Blended Learning pada Materi Kegiatan Ekonomi

Metode Latihan Ketrampilan dapat diterapkan pada pembelajaran Ekonomi khususnya pada Materi Kegiatan Ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau masyarakat dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Pada dasarnya kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran. Kegiatan ekonomi terbagi menjadi tiga yaitu : Pertama, Kegiatan Produksi (Kegiatan menambah atau menciptakan benda atau brang baru sehingga lebih bermanfaat); Kedua, Kegiatan Distribusi (kegiatan yang dilakukan orang atau lembaga untuk menyampaikan barang dari produsen ke tangan konsumen); Ketiga, Kegiatan Konsumsi (kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan suatu benda dalam rangka pemenuhan kebutuhan).

Metode latihan ketrampilan adalah metode mengajar dengan cara melatih ketrampilan siswa atau Soft Skill dengan cara membuat, merancang atau memanfaatkan sesuatu. Metode ini membutuhkan kreativitas siswa yang tinggi dengan memanfaatkan suatu bahan menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat.

Langkah- langkah Metode Ketrampilan untuk Materi Kegiatan Ekonomi yaitu : Pertama, Guru memberikan informasi dan menjelaskan tentang Pembelajaran Ekonomi dengan Metode Latihan Ketrampilan; Kedua, Guru menginformasikan kepada siswa supaya siswa untuk menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat sebuah produk; Ketiga, Siswa memproduksi sebuah barang atau sesuatu yang bisa diperjual belikan, contoh siswa memproduksi sebuah produk berbentuk Makanan; Keempat, Siswa mendistribusikan atau menjual produk tersebut secara online; Kelima, Siswa berkomunikasi secara langsung dengan pembeli atau konsumen melaui Online. Dengan pembelajaran ini siswa akan mengerti dan memahami Materi Kegiatan Ekonomi yaitu tentang produksi, distribusi dan konsumsi karena siswa berperan secara langsung sebagai pelaku Kegiatan Ekonomi.

Baca juga:   Metode Inquiry Based Learning Tingkatkan Belajar Komputer dan Gadget

Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kesesi kelas X pada materi Kegiatan Ekonomi dengan Metode Latihan Ketrampilan dapat diterima dengan baik bahkan memudahkan siswa. Hal ini dibuktikan dari pernyataan siswa yang sangat antusias dalam pembelajaran Kegiatan ekonomi menggunakan metode Latihan Keptrampilan. (ips2/zal)

Guru Ekonomi SMAN 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya