Lingkungan sebagai Inspirasi Belajar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Selama masa pandemi virus covid-19 ini siswa menjalani proses belajar dari rumah. Dunia pendidikan harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Proses belajar mengajar dilakukan dengan daring.

Memahami materi pelajaran secara mandiri di rumah merupakan sesuatu yang sulit dilakukan oleh siswa. Kendala lainnya adalah kurangnya kompetensi pembelajaran untuk siswa. Hal tersebut juga terjadi di MTsN 4 Sleman.

Guru harus pandai-pandai menyiasati keadaan ini agar pembelajaran tetap berjalan lancar. Komponen-komponen pembelajaran yang baik sangat menentukan hasil pembelajaran. Di antaranya sumber belajar, media pembelajaran dan strategi belajar. Tercapainya tujuan pembelajaran harus didukung dengan sumber belajar yang baik.

Lingkungan adalah salah satu sumber belajar yang mudah ditemui. Pembelajaran yang baik dan menarik membutuhkan lingkungan yang nyaman. Lingkungan di sekitar siswa adalah salah satu sumber belajar yang bisa dioptimalkan untuk hasil pendidikan berkualitas. Penerapan lingkungan sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan mengajak siswa melakukan observasi di halaman sekitar rumah untuk menulis tanaman dan hewan yang ditemukan.

Baca juga:   Belajar Global Warming dengan Permainan Ular Tangga

Dari kegiatan observasi yang dilakukan, siswa dapat membuat laporan dari hasil pengamatannya. Kegiatan lain yang bisa dilakukan siswa bisa membuat laporan deskripsi dengan tema lingkungan sekitar rumah. Hal ini akan memudahkan siswa dalam belajar karena lebih terarah.

Keterampilan belajar menggambar juga dapat dikembangkan dengan sumber lingkungan sekitar. Menggambar dengan obyek nyata secara langsung dapat membuka imajinasi siswa. Sehingga ketrampilan menggambar siswa dapat berkembang dengan baik.

Dari beberapa contoh di atas lingkungan sebagai sumber belajar dapat digunakan pada berbagai mata pelajaran lainnya seperti matematika, IPA, IPS, PPkn dan lainnya.

Pandemi virus covid-19 bukan alasan bagi siswa untuk bermalas-malasan di rumah dan tidak belajar. Sebab banyak yang bisa dipelajari di lingkungan sekitar rumah. Guru harus bisa berkreasi dalam memberikan tugas kepada siswa agar tidak bosan belajar dari rumah. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar rumah siswa tetap bisa kreatif dan inovatif dalam memahami pelajaran. (dar2/ton)

Guru MTsN 4 Sleman

Author

Populer

Lainnya