Memanfaatkan Microsoft Sway untuk Pembelajaran Jarak Jauh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEORANG guru merupakan sosok yang diharapkan kehadirannya di saat pembelajaran berlangsung. Dia tidak bisa digantikan oleh siapapun dan apapun, walau secanggih apa teknologi dia tetap diharapkan kehadirannya di depan kelas. Tetapi keadaan yang memaksa untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), karena masa pandemi Covid-19 yang belum mereda dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Hal ini merupakan suatu tantangan bagi seorang guru harus bisa menciptakan suasana pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan siswa. Apalagi mata pelajaran yang di anggap kurang menyenangkan siswa seperti Kimia. Selain Matematika, Kimia merupakan mapel yang kurang digemari siswa, dengan demikian penulis mencari cara agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran secara daring.

Di SMAN 1 Bandar, Kabupaten Batang, penulis mencoba menggunakan aplikasi Microsoft Sway, yaitu salah satu aplikasi baru dari Microsoft Office yang dapat mempermudah siswa untuk mengikuti pembelajran jarak jauh. Pada Microsoft Sway ini seorang guru bisa menampilkan materi dalam bentuk teks, foto atau gambar, audio, vidio, Embed Forms, dan dapat juga upoad file dalam satu penampilan. Dengan cara membagikan alamat link kepada siswa maka siswa dapat membuka dan mengikuti dengan mudah. Aplikasi Microsoft Sway ini gratis untuk siapa saja yang sudah memiliki akun Microsoft.

Baca juga:   Membangun Paradigma Belajar Kimia Menyenangkan

Materi Kimia klas XI semester 3 pada KD 3.1. Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya. Dan KD 4.1. Menemukan berbagai struktur molekul hidrokarbon dari rumus molekul yang sama dan memvisualisasikannya. Pada KD ini materi cukup banyak dan alokasi waktu juga cukup banyak. Untuk itu dengan metode pembelajaran jarak jauh diperlukan aplikasi yang tepat.

Microsoft Sway merupakan aplikasi baru dari Microsoft Office yang sangat mudah untuk penggunaannya. Pada materi pembelajaran Senyawa Hidrokarbon dapat disampaikan dengan menggunakan Microsoft Sway. Langkah yang perlu dipersiapkan pertama adalah teks materi diskripsi senyawa Hidrokarbon, kemudian kita bisa menyisipkan gambar atau foto tentang contoh benda yang termasuk senyawa Hidrokarbon. Foto atau gambar yang kita sisipkan pada teks tersebut bertujuan untuk menarik perhatian siswa agar tidak bosan dengan teks yang harus dia baca, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti materi berikutnya. Selain kita sisipkan foto atau gambar kita juga bisa menyisipkan vidio yang bisa kita ambil dari internet atau bisa juga vidio yang kita buat sendiri, tentunya kita pilih vidio yang menarik perhatian siswa tentang penjelasan dari teks yang sudah ada. Pada Microsoft Sway ini kiat juga bisa menyisipkan Embed forms untuk reviu siswa yang berupa quis atau pertanyaan dari materi yang sudah disampaikan pada tampilan sebelumnya.

Baca juga:   Menggambarkan Dunia di Kelas Menggunakan Puzzle

Harapan penulis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Sway ini siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring dengan suasana yang menyenangkan sehingga materi yang disampaikan guru dapat diterima dengan baik. Karena siswa tidak monoton untuk mengikuti pembelajran. Sehingga hasil pembelajaran yang diinginkan oleh guru akan lebih meningkat. (ips1/zal)

Guru Kimia SMAN 1 Bandar, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya