Asyiknya Belajar Matematika dengan Metode SAVI

Oleh: Tri Suhartiningsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan hal yang sangat penting dan menjadi dasar dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yng berkualitas, seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Kemajuan dibidang tekhnologi sekarang ini dapat dimiliki bila mempunyai pendidikan yang berkualitas. Melalalui pendidikan diharapkan adanya perubahan perilaku siswa menuju kedewasaan, baik fisik, mental serta moral maupun sosial.

Kurang kreatifnya guru dan kurang variatifnya metode pembelajaran matematika serta kurang sumber pengetahuan dan ketrampilan sebagian besar guru dalam mencatat dan menerangkan menjadikan siswa sulit memahami pelajaran yang disampaikan. Siswa cenderung tidak menyukai pelajaran matematika karena merasa kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut. Karena banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika dan kurang pemahaman siswa tentang pelajaran matematika maka kita sebagai guru haruslah mampu untuk menciptakan suasana yang menyenangkan khususnya pada pelajaran matematika sehingga siswa bisa belajar dengan baik dan maksimal tanpa ada rasa ketakutan lagi. Maka timbullah suatu ide bagi guru untuk mencoba menggunakan metode SAVI dalam pembelajaran tersebut.
.
Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan agar tidak monoton bagi siswa MIN 1 Yogyakarta dengan pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI merupakan salah satu pendekatan yang mampu memunculkan sebuah konsep belajar secara cepat, menyenangkan dan memuaskan.

Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) adalah pendekatan dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual menggunakan semua indra yang dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Unsur-unsur somatic belajar dengan bergerak dan berbuat, Auditory bicara dan mendengar, Visual mengamati dan menggambarkan, Intellectual memecahkan masalah dan merenung. Pendekatan SAVI diharapkan mampu mengembangkan kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika.

Baca juga:   Mengatasi Masalah Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom

Menurut Herman yang dikutip oleh Yuni (2014), matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan berfikir yang memiliki konsep, operasi dan pinsip. Obyek dasar tersebut berkembang menjadi obyek-obyek lain, misalnya pola-pola,struktur-struktur dalam matematika. Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) merupakan pendekatan yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh dasar pada pembelajaran. Pendekatan SAVI memungkinkan siswa untuk belajar dengan cepat dan mengesankan bahkan bisa membuat siswa senang akan belajar matematika

Unsur-unsur pendekatan SAVI yaitu Somatic adalah belajar dengan gerakan, Auditory adalah belajar dengan berbicara dan mendengar, Visual adalah belajar dengan mengamati dan menggambarkan, Intellectual adalah belajar dengan berpikir memecahkan masalah dan merenungkan. Karena prinsip dari SAVI itu sendiri adalah pembeljaran yang melibatkan seluruh pikiran dan tubuh, kerjasama dalam proses pembelajaran sangat di butuhkan karena ini akan sangat membantu . Pendekatan SAVI merupakan salah satu pendekatan yang mampu memunculkan sebuah konsep belajar secara cepat, dan menyenangkan.

Pendekatan SAVI merupakan salah satu pendekatan yang mampu memunculkan sebuah konsep belajar secara cepat, dan menyenangkan. Pembelajaran SAVI memunculkan sebuah konsep belajar berdasarkan pada aktivitas. Yang berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar, dengan memanfaatkan indra yang dimiliki. Sehingga fisik tubuh ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Belajar aktif sangat diperlukan oleh siswa karena dapat lebih mengingat dan lebih memahami setiap materi yang dijelaskan. Dengan demikian pembelajaran SAVI diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. . Di akhir pembelajaran kita akan mengevaluasi dengan membagikan soal yang akan dikerjakan oleh siswa.

Baca juga:   PJJ Menyenangkan dengan Tugas Proyek

Berdasarkan empiris bahwa penerapan pendekatan SAVI terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Siswa. Dengan pembelajaran SAVI siswa mau bergerak, mau bertukar pikiran dengan teman lainnya, mampu berimajinasi lebih sesuai dengan yang dipikirkan, dan siswa mudah memahami sifat-sifat bangun ruang dengan bantuan. Pendekatan SAVI dapat mengoptimalkan semua indera siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa Berdasarkan hasil analisis dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa penerapan pendekatan SAVI terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (ips1/zal)

Guru MIN 1 Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya