Tingkatkan Hasil Belajar PPKn Dengan CIRC

spot_img

RADARSEMARNG.ID, Belajar merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia (Hamalik, 2020). Belajar adalah bukan suatu tujuan tetapi merupakan proses mencapai tujuan. Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Karena itu seseorang dikatakan belajar, bila di dalam diri orang itu terjadi proses kegiatan, yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku. Jadi dalam teori ini siswa belajar akan mendapatkan hasil perubahan belajar yang berupa pemahaman atau pengetahuan yang baru dalam proses pembelajaran.

Slavin (2009) menyatakan, Cooperative Learning adalah suatu model di mana siswa belajar bersama, saling mengembangkan pikiran dan tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar individu atau kelompok. Pembelajaran Cooperative Integrited Reading Composition (CIRC) merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok kecil yang anggotanya bersifat heterogen. Terdiri dari siswa dengan prestasi tinggi, sedang dan rendah, baik perempuan atau laki laki dengan latar belakang yang berbeda untuk saling membantu dan bekerjasama mempelajari materi pembelajaran.

Penerapan Cooperative Integrited Reading Composition (CIRC) pada mapel PPKn di kelas VII D SMP Negeri 1 Kendal pada KD Norma dan Keadilan akan mengajak anak untuk berpikir kritis dan kreatif. Dalam model CIRC siswa dikelompokkan dalam kelompok kecil yang heterogen, dalam kelompok ini tidak dibedakan jenis kelamin dan prestasi siswa. Dalam pembelajaran ini diharapkan siswa akan berpikir kritis, kreatif dan menumbuhkan rasa kerjasama yang tinggi, siswa yang mempunyai prestasi tinggi atau pandai dapat mengembangkan kemampuannya dan keterampilannya. Sedangkan siswa yang lemah dapat terbantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kelompok tersebut. Setiap anggota kelompok saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep dan menyelesaikan tugas, sehingga terbentuk pemahaman, dan pengalaman yang sama.

Baca juga:   Media Kartu Jodoh Tingkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Kelebihan model pembelajaran CIRC yang didapat dari seluruh kegiatan pembelajaran adalah dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir anak, memotivasi anak dalam belajar yang dinamis, optimal, tepat guna serta dapat meningkatkan interaksi sosial seperti anak bekerjasama, bertoleransi, komunikasi terhadap pendapat orang lain. Dengan menggunakan Cooperative Integrited reading Composition (CIRC) siswa lebih aktif, menyenangkan dan berantusias dalam pembelajaran PPKn. (dar1/ton)

Guru SMP Negeri 1 Kendal Kab. Kendal

Author

Populer

Lainnya