Manfaat Whatsapp dalam Pembelajaran Daring

spot_img

RADARSEMARNG.ID, Terjadinya pandemi virus Covid-19 di seluruh dunia memberikan pengaruh yang sangat besar di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Selama masa pandemi kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring untuk meminimalkan penularan virus Korona.

Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini penggunaan handphone sudah hal yang biasa dilakukan masyarakat modern. Termasuk dalam belajar mengajar secara daring. Dengan memanfaatkan handphone untuk pembelajaran selama masa pandemi ini agar tetap menciptakan pembelajaran yang berkualitas bagi siswa-siswi sekolah.

Pemanfaatan aplikasi WhatsApp menjadi pilihan dalam pengajaran Kelas IX MTsN 4 Sleman, Yogyakarta. Aplikasi WhatsApp atau WA sangat familiar di masyarakat. Hampir semua orang yang mempunyai handphone android menggunakan aplikasi WA.

Sebelum terjadinya pandemi virus Covid-19, semua orang tua siswa kelas IX MTsN 4 Sleman sudah masuk dalam satu grup WA. Dengan adanya grup WA inilah guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dan tugas untuk siswa-siswi selama belajar daring dari rumah. Melalui grup WA, guru dapat menyampaikan materi-materi yang harus dipelajari siswa. Guru harus bisa memberikan tugas yang bervariasi untuk siswa agar mereka tidak mudah bosan. Materi dapat disampaikan melalui rekaman suara, link youtube, dan foto. Guru bisa berkreasi dengan aplikasi WA agar siswa tetap bersemangat belajar secara daring di masa pandemi ini.

Baca juga:   Media Audio Visual Tingkatkan Prestasi Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerita Anak

Guru harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang kreatif dan menyenangkan. Meski berada di rumah siswa tetap memiliki semangat untuk belajar dan tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi.

Guru tetap bisa menerapkan model pembelajaran yang diinginkan melalui WA seperti flipped classroom, problem based learning, sole, project based learning, dan model pembelajaran lainnya. Contoh pembelajaran tersebut bisa membantu memvariasikan kegiatan pembelajaran kepada siswa. Diharapkan siswa tidak cepat bosan dan tetap semangat dalam kegiatan belajar mengajar secara daring di masa pandemi ini. (dar1/ton)

Guru MTsN 4 Sleman

Author

Populer

Lainnya