Senangnya Belajar Presconten Sambil Bernyanyi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMERINTAH Indonesia telah mengakui pentingnya bahasa Inggris dengan memasukkannya ke dalam sistem pendidikan selama lima dekade. Bahasa Inggris telah berpengaruh sangat kuat di dunia modern dan telah menjadi bahasa internasional. Sehubungan dengan itu, Indonesia telah melaksanakan mengajar English as Foreign Language (EFL) di hampir tingkat sekolah, mulai diajarkan di sekolah dasar sampai sekolah menengah. Namun, bahasa Inggris salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh para siswa.

Demikian dengan siswa SMP Negeri 5 Sragi, karena mereka tidak biasa mendengar kosa kata bahasa Inggris dan sulitnya dalam memahami makna kata. Terlebih di saat mereka diminta berkomunikasi, mereka masih menggunakan bahasa yang strukturnya belum beraturan. Hal ini tentu sangat bisa dipahami, karena struktur kalimat bahasa Inggris berbeda dengan bahasa ibu, bahasa Indonesia.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya mudah, apabila suka dan bersungguh–sungguh. Guru sebagai pendidik, moderator dan fasilitator memiliki peran yang sangat penting. Dalam hal ini, penulis lebih suka menyebut guru adalah sebagai fasilitator yang bertugas memfasilitasi pembelajaran yang berlangsung pada diri peserta didik, sehingga memperoleh pengalaman yang nyata, otententik dan tentu saja membuat peserta didik gembira.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Mikrobiologi dengan Fast Stone Capture

Sebagai fasilitator, guru harus pintar dalam memilih strategi atau cara menyampaikan pembelajaran yang menyenangkan. Pengertian strategi pembelajaran yang menyenangkan dikemukakan oleh beberapa ahli di antaranya adalah Darmansyah (2010) dalam DePorter (2000) menyatakan bahwa strategi pembelajaran yang menyenangkan adalah strategi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menerapkan kurikulum, menyampaikan materi dan memudahkan proses belajar.

Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi informasi tentang belajar Present Continuous Tense (Presconten) dengan bernyanyi dan bermain gambar. Metode belajar dengan bernyanyi tentu tidak asing, begitu juga dengan bermain. Dua kegiatan ini sangatlah menyenangkan bagi semua usia, apalagi usia anak–anak. Dengan cara ini, peserta didik akan merasa tidak bosan, suasana belajar menjadi riang gembira. Jika siswa belajar dengan nyaman dan hati senang gembira, siswa akan mudah memahami apa yang sedang diajarkan dan proses pembelajaran yang menyenangkan akan lebih efektif.

Penerapan pembelajaran sambil bernyanyi di SMP Negeri 5 Sragi adalah sebagai berikut, pertama, siswa mendengarkan lagu dengan lirik “Sedang apa,sedang apa sekarang? Saya sedang belajar bahasa Inggris“. Kedua, siswa bernyanyi dengan lirik “What are you doing?, what are you doing now? I am Studying, I am Studying English”dan seterusnya. Ketiga, siswa mengamati dialog yang telah disiapkan oleh guru tentang kegiatan yang sedang terjadi. Keempat, siswa menirukan ungkapan–ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang terjadi. Kelima, siswa mengamati beberapa gambar yang dibagikan guru tentang kegiatan seseorang dan sekelompok orang pada suatu tempat. Keenam, di dalam kelompok siswa bertanya jawab dengan menggunakan nyanyian di atas. Ketujuh, siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya. Kedelapan, siswa bersama dengan guru menemukan struktur kalimat present continuous tense.

Baca juga:   Media Gambar Efektif Tingkatkan Aktivitas Belajar IPS

Melalui strategi belajar sambil bernyanyi pada pembelajaran presconten, siswa terlihat antusiasme dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, hasil pembelajaran juga meningkat karena mereka dapat menerapkan kata kerja (verb) berakhiran“ing” dan “be” (is, am, are). (ips2.1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 5 Sragi

Author

Populer

Lainnya