Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Grammar dengan Media Board Race

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SETIAP Bahasa yang digunakan adalah sebagai alat komunikasi, Bahasa yang digunakan pasti masing- masing memiliki tata Bahasa yang berguna untuk menyusun susunan kata agar bisa mempunyai makna atau arti tertentu dalam setiap pengucapan. Semua Bahasa memiliki tata Bahasa termasuk Bahasa Inggris yang disebut grammar, dengan grammar Bahasa akan lebih tertata dan lebih mudah untuk dipahami. Jadi, grammar itu disebut sebagai tata Bahasa. Grammar pada mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu momok sebagai bagian paling sulit untuk dipelajari dan dipahami dari sebagian siswa apa siswa merasa takut untukbelajar Bahasa Inggris karena satu hal ini. Padahal, grammar merupakan bagian yang penting dalam berbahasa Inggris.

Grammar memiliki 8 ( delapan ) bagian yaitu : pronounciatoin, noun ( Kata benda), verb ( Kata Kerja), adjective ( Kata Sifat), adverb ( Kata Keterangan), determainer, preposition ( Kata Depan), conjuction ( Kata Hubung). Berdasarakan bagian grammar atau bias disebut dengan part of speech memang grammar adalah hal penting yang harus dikuasai.

Grammar adalah tata Bahasa, tata Bahasa juga digunakan dibahasa lain, contohnya didalam Bahasa Indonesia juga menggunakan tata Bahasa namun dalam bentuk dan situasi yang berbeda. Grammar lebih difokuskan pada penggunaan Bahasa yang lebih resmi, namun secara tidak langsung penggunaan Bahasa tidakresmi juga memerlukan grammar. Grammar merupakan bagian yang paling penting tetapi juga bagian yang paling rumit dalam pelajaran Bahasa Inggris. Oleh karenaitu, bagaimana cara yang lebih mudah dan menyenangkan untuk belajar grammar Bahasa Inggris, yaitu salah satunyadenganmenggunakanpermainan. Karena permainan adalah salah satu yang paling disukai oleh siswa. Dan materi grammar dikelas X dan XI diajarkan, maka dari itu belajar grammar dengan permainan adalah salah satu cara belajar grammar yang menyenangkan dan lebih mudah diterapkan di SMA N 1 KESESI.

Baca juga:   Role Playing Bantu Tingkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Pembelajaran grammar yang diterapkan di SMAN 1 Kesesi yaitu menggunakan permainanya itu disebut dengan Board Race. Permainan ini digunakan dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris, khususnya untuk meningkatkan memory Vocabulary yang sudah diajarkan sebelumnya pada siswa. Permainan ini dimainkan secara berkelompok.Pembelajaran menggunakan Board Race di SMAN 1 Kesesi pada pembahasan materi NOUN ( Kata Benda) yaitu pada fungsi Noun.

Langkah- langkahpermainan Board Race yaitu Pertama, siswa dibagi menjadi empat atau lima kelompok karena jumlah siswa yang cukup banyak jadi setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 6 siswa. Kedua, setiap kelompok diberikan satu spidol dan kertas besar seperti kertas manila untuk menuliskan kata atau kalimat, Ketiga, guru akan memberikan sebuah kertas atau kartu yang berisikan topik yang akan dibahas kemasing- masing kelompok, contoh topik : noun sebagai subjek, noun sebagai objek pelengkap, noun sebagai objek langsung, noun sebagai objek tak langsung, noun sebagai kata keterangan. Keempat, para siswa dari masing- masing kelompok harus menuliskan kalimat yang harus berhubungan dengan topik yang diberikan dari guru dikartutersebut. Kelima, guru memberikan Batasan waktu untuk langkah keempat tersebut karena permainan tersebut dilakukan dalam bentuk kelompok. Keenam, setelah waktunya selesai masing-masing kelompok untuk memilih satu anak untuk menjelaskan kalimat tersebut sesuai dengan topik yang diberikan. Ketujuh, setiap kelompok akan mendapatkan point untuk kalimat yang benar.

Baca juga:   Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA

Dengan menggunakan metode permainan ini pada pembahasan materi Noun ( Kata Benda) yang dilakukan pada pembelajaran Bahasa Inggris di di SMAN 1 Kesesi memberikan pembelajaran yang berbeda dan siswa merasa senang dan antusias untuk menjawab tantangan dari sebuah permasalahan dan dapat mencapai salah satu tujuan pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dan dapat melatih siswa berpikir kritis, melatih siswa untuk bekerjasama dengan teman atau berdiskusi dengan teman satu kelompok.

Guru SMAN 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya