Thinks Pairs Share Tingkatkan Hasil Belajar Organ Gerak Makhluk Hidup

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pengetahuan Alam (IPA) atau sering disebut sains berasal dari kata natural science yang artinya ilmu pengetahuan tentang alam atau ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang peristiwa-peristiwa alam.
Depdiknas ( 2006 ) mengemukakan bahwa ruang lingkup mata pelajaran IPA SD/MI secara garis besar terinci menjadi empat kelompok yaitu: Makhluk Hidup dan proses kehidupan yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta Kesehatan; Benda / materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi : cair, padat, dan gas.Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana ; Bumi dan alam semesta meliputi ; tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

Organ Gerak Makhluk Hidup sebagai materi pembelajaran IPA di kelas V merupakan materi yang sangat banyak dan luas.Beberapa siswa di SDN Gayamsari 01 menganggap bahwa materi ini sulit dan membosankan.Hal ini memperparah hasil belajar siswa kls V yang mendapat nilai di bawah KKM ketika melaksanakan penilaian harian materi Organ Gerak Mahkluk Hidup.

Dalam proses pembelajaran sudah selayaknya guru dituntut untuk mampu menciptakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa tidak bosan dan selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang kreatif adalah Thinks Pairs Share /TPS. Thinks Pairs Share atau berpikir berpasangan merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.Thinks Pairs Share memberikan waktu kepada siswa untuk berfikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain.TPS memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan orang lain.

Baca juga:   Discovery Learning IPA Berbantuan Puzzle

Frank Lyman menyatakan bahwa Thinks Pairs Share merupakan suatu cara efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Menurut Suyatno (2009:54) mengatakan bahwa TPS adalah model pembelajaran kooperatif yang memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk memikirkan secara mendalam tentang apa yang dijelaskan atau dialami (brpikir, menjawab, dan membantu satu sama lain).

Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Thinks Pairs Share adalah sebagai berikut: Pertama (think / berpikir ) guru mengajukan suatu pernyataan atau masalah yang dikaitkan dengan pembelajaran siswa ditugasi untuk berpikir secara mandiri mengenai pertanyaan atau masalah yang diajukan. Dalam menentukan batasan waktu guru harus mempertimbangkan pengetahuan dasar siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberkan. Kelebihan dari tahap ini adalah adanya waktu berpikir yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir mengenai jawaban mereka sendiri sebelum pertanyaan tersebut dijawab oleh siswa lain. Selain itu, guru dapat mengurangi masalah adanya siswa yang berbicara karena setiap siswa memiliki tugas mengerjakan sendiri. Kedua, Pairs (berpasangan) guru menugasi siswa untuk berpasangan dan diskusi mengenai apa yang telah mereka pikirkan.Interaksi selama proses ini dapat menghasilkan jawaban bersama.Setiap pasangan berdiskusi mengenai hasil jawaban mereka sebelumnya sehingga hasil yang didapat menjadi lebih baik karena siswa mendapat tambahan informasi dan pemecahan masalah yang lain.Ketiga, Share (berbagi) guru menugasi pasangan-pasangan tersebut untuk berbagi hasil pemikiran mereka dengan pasangan yang lain atau seluruh kelas.Pada Langkah ini guru berkeliling dari pasangan satu ke pasangan yang lainnya.Langkah Share atau berbagi merupakan penyempurnaan dari langkah-langkah sebelumnya, karena pada langkah ini menolong semua kelompok untuk lebih memahami pemecahan masalah yang diberikan berdasarkan penjelasan dari kelompok lain.

Baca juga:   Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatan Prestasi Madrasah

Dengan model Thinks Pairs Share, siswa menjadi lebih aktif dalam mempelajari materi Organ Gerak Makhluk Hidup sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. (ips2/zal)

Guru SDN Gayamsari 01 Semarang

Author

Populer

Lainnya