Penggunaan Media Sosial Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Peserta didik dikatakan berhasil dalam belajar apabila hasil belajar peserta didik tersebut meningkat. Peningkatan hasil belajar peserta didik menjadi tujuan bersama yang ingin dicapai setiap peserta didik, orang tua peserta didik, tenaga kependidikan, guru dan kepala sekolah.

Hasil belajar peserta didik dalam pelajaran matematika saat ini masih belum sesuai dengan harapan guru. Hal ini dimungkinkan karena menurut sebagian besar peserta didik bahwa pelajaran matematika ini sangat sulit untuk dipelajari, dan memerlukan banyak latihan menyelesaikan soal matematika. Salah satu usaha guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bidang studi matematika diantaranya pemanfaatan media sosial yang terdapat pada smartphone (telepon pintar) sebagai media pembelajaran.

Langkah-langkah pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII, maka perlu dilakukan suatu perencanaan diantaranya membahas soal-soal latihan dari tahun-tahun lalu. Latihan dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri di luar jam sekolah. Namun tidak akan efektif bila tanpa bimbingan dari seorang guru. Peserta didik tidak akan mengetahui benar tidaknya hasil pengerjaan soal-soal latihan tersebut.

Baca juga:   Ulangan Harian Matematika dengan Aplikasi Kuis Oline Quizizz

Untuk memudahkan siswa dalam berlatih soal-soal, maka dibentuklah sebuah grup yang terdapat pada media sosial whatsapp. Pertimbangannya, hampir semua peserta didik memiliki telepon pintar dan dapat dimanfaatkan dalam media pembelajaran yang dilakukan di luar jam sekolah. Grup yang terdapat pada media sosial whatsapp beranggotakan seluruh siswa kelas VIII, dan sebagai admin dari grup tersebut adalah seorang guru matematika.

Penggunaan aplikasi whatsapp ini dapat dilaksanakan setiap hari pada saat selesai jam belajar di sekolah yaitu sekitar pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Bahkan peserta didik dapat menggunakan whatsapp sebagai media pembelajaran pada saat libur sekolah.

Cara penggunaan media sosial whatsapp ini adalah peserta didik dapat mengirimkan hasil penyelesaian soal-soal latihan apabila ingin mengetahui benar atau salah dari hasil penyelesaian soal tersebut. Peserta didik dapat juga menanyakan permasalahan yang berkaitan dengan soal-soal latihan. Hasil penyelesaian soal-soal latihan atau permasalahan yang ingin ditanyakan tentang soal-soal latihan dapat dikirimkan di grup whatsapp dengan terlebih dahulu memfoto hasil penyelesaian atau permasalahan yang terkait dengan soal latihan. Gambar atau foto yang dikirimkan dapat dilihat oleh seluruh anggota grup melalui telepon pintar. Sehingga peserta didik yang lain dapat mencoba menyelesaikan atau menjawab permasalahan tersebut sebelum diselesaikan atau dijawab oleh guru. Jika sekiranya seluruh anggota grup dalam hal ini adalah peserta didik kelas VIII tidak dapat menyelesaikan soal latihan ujian atau masalah pada latihan soal yang dikirim dari salah satu peserta didik (anggota grup), maka guru akan menjawab permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik..

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Mengerjakan Penjumlahan dan Pengurangan dengan Media Potongan Lidi

Penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media sosial mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam proses belajar sehingga mempermudah peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Para peserta didik antusias untuk mengerjakan soal-soal latihan , yang pembahasannya dapat melalui media sosial. Hal tersebut juga membantu guru dalam menyampaikan materi pengayaan kepada para peserta didik. (ips1/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 1 Kaliwungu

Author

Populer

Lainnya